Langsung ke konten utama

7 Tempat Wisata di Kota Pariaman, Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi

Pariaman adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota ini memiliki beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi.  Berikut adalah tujuh tempat wisata di kota Pariaman yang patut untuk dikunjungi: 1. Pantai Gandoriah Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan ombak yang tenang.  Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah sambil bersantai atau bermain di tepi pantai. 2. Pantai Kata Pantai Kata menawarkan pesona alam yang memesona dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.  Pantai ini cocok untuk berbagai aktivitas, seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai. 3. Danau Singkarak Meskipun tidak terletak langsung di Kota Pariaman, Danau Singkarak merupakan objek wisata terkenal di sekitar Sumatra Barat.  Danau ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dan pengunjung dapat menikmati perjalanan di sekitar danau atau menikmati makanan khas daerah. 4. Pusat Kebudayaan Tabuik Pusat Kebudayaan Tabuik merupakan

10 Tempat Wisata di Sibolga yang Paling Rekomended



Kota Sibolga yang dikenal dengan julukan kota ikan, berada di provinsi Sumatera Utara. Letak kota ini berapa di pantai Barat pulau Sumatera, yang membujur sepanjang pantai dari Utara ke Selatan dan berada di kawasan Teluk Tapian Nauli. Jarak kota Medan ke Sibolga kurang lebih 350 km, atau sekitar 8 jam perjalanan darat.

Kota Sibolga memiliki banyak destinasi wisata dan menjadi salah satu tempat wisata terdekat dari kota medan. Saat jalan-jalan ke Sibolga, kamu jangan ketinggal earphone atau alat pemutar musik ya, karena perjalanan ini cukup jauh dan sangat enak apabila sembari mendengarkan musik atau lagu chord runtah.

Bagi kamu yang hobi travelling dan staycation, 10 tempat wisata di Sibolga berikut ini menjadi rekomendasi dan wajib sobat travelling kunjungi.

Berikut ke 10 tempat wisata di Sibolga yang paling rekomended.

1. Pulau Mursala




Jika kamu masih ingat film Hollywod yang berjudul “Kingkong”, lokasi syuting yang digunakan berada di pulau Mursala ini. Selain keindahan airnya, pulau Mursala Sibolga juga menawarkan sisi lain yang ada di pulau ini.

Adanya air terjun yang airnya langsung jatuh ke laut, menambah nilai plus pulau ini. Walau secara pembagian wilayah NKRI, pulau Mursalah ternyata tidak termasuk ke dalam wilayah Sibolga.

2. Pulau Kalimantung




Sobat travelling dimana pun berada, pasti sudah tidak asing juga dengan nama pulau yang satu ini. Salah satu pulau yang masih didalam kawasan Sibolga ini banyak menawarkan keindahan alamnya.

Bagi kamu yang suka melakukan snorkelling, kamu bisa melakukannya di Pulau Kalimantung Sibolga karena kondisi ekosistem laut yang masih terjaga. Mata kamu akan dimanjakan dengan pesona bawah lautnya.

3. Pantai Pandan




Selain keindahan pulau-pulaunya, Sibolga juga terkenal akan keindahan pantainya. Pantai yang terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan adalah pantai Pandan. Panorama alam, hamparan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, akan member kesan liburan yang menyenangkan.

Di pantai Pandan Sibolga ini, kamu juga akan disuguhkan pemandangan sunset yang keren. Jika ada diantara kamu yang sedang hunting lokasi foto prewedding, pulau pandan bisa menjadi pilihan. Dijamin tidak akan membuat kamu bosan.

Dipesisir pantai juga terdapat restoran-restoran yang menyediakan ikan-ikan laut yang siap diolah dan makanan khas setempat. Jika kamu pergi bersama pasangan, bisa melakukan dinner romantis sambil menikmati angin pantai serta suara deburan ombak yang menepi.

4. Pulau Poncan


Di Sibolga terdapat dua pulau Poncan yang masing-masing pulau memberikan keindahan alam tersendiri. Pulau yang dimaksud yaitu:

a. Pulau Poncan Gadang



Pulau Poncan Gadang memiliki area yang luas sehingga terdapat banyak resort untuk dijadikan tempat beristirahat setelah seharian bermain dipantai. Karena pantai pada pulau ini sangat indah, ditambah angin semilir yang menghembuskan aroma laut yang segar.

Pada pulau Poncan Gadang ini juga terdapat gua peninggalan Jepang, yang dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian. Saat ini gua tersebut sudah menjadi daya tarik wisatawan dan termasuk tempat wisata bersejarah.

b. Pulau Poncan Ketek



Jangan salfok dengan nama pulau yang satu ini ya. Meski namanya sedikit nyentrik, bukan berarti keindahan alam yang diberikan kaleng-kaleng.

Pesona alam yang bisa dijumpai di pulau Goncan Ketek ini tidak beda jauh dengan pulau Poncan Gadang. Yang menjadi pembeda diantara kedua pulau ini, yaitu ukurannya saja. Jarak pulau Poncan Gadang dan Poncan Ketek cukup dekat, jadi sobat travelling bisa dengan gampang untuk mengakses kedua pulau Poncan tersebut.

5. Pulau Putri


Masih dengan pesona sebuah pulau di wilayah Sibolga, Pulau Putri juga menjadi rekomendasi objek wisata di Sibolga. Luasnya yang hanya setengah hektar, tak membuat pulau ini kalah dengan pulau-pulau sebelumnya.

Kamu bisa melakukan snorkelling sambil menikmati pesona alam bawah laut. Kamu juga bisa sembari member makan ikan-ikan karang yang lucu-lucu dan mengambil beberapa foto sebagai koleksi pribadi kamu.

6. Batu Lobang


Tempat wisata di Sibolga yang satu ini tidak ada hubungannya dengan pantai atau pulau. Namun sudah menjadi tempat wisata bersejarah yang ada di wilayah Sibolga. Sebenarnya Batu Lobang adalah sebuah terowongan sepanjang 20 meter yang di pakai sebagai jalur transportasi darat dari dan menuju kota Sibolga.

Batu lobang atau terowongan batu ini sudah ada sejak masa penjajahan Belanda dulu. Jadi bisa diperkirakan umur dari batu lobang ini sudah ratusan tahun. Masyarakat setempat juga menamain batu lobang ini dengan sebutan Goa Belanda.

7. Bukit Simarbarimbing



Sekarang kita bergeser ke perbukitan. Destinasi wisata Sibolga selanjutnya adalah sebuah bukit nan indah dan mempesona, yakni Bukit Simarbarimbing. Bukit ini sarat dengan nilai sejarah, serta penduduk yang mendiami bukit ini mayoritas Suku Nias.

Terdapat replika hombo atau yang lebih dikenal dengan lompat batu yang menjadi salah satu ciri khas suku Nias. Di bukit Simarbarimbing ini kamu bisa merasakan udara yang bersih dan sejuk. Kamu akan merasa nyaman dan tenang jika berkunjung ke tempat wisata disibolga yang satu ini.

8. Bukit Ketapang


Kita lanjutkan perjalanan ini, sekarang kita menuju Bukit Ketapang. Sibolga memiliki banyak objek wisata bersejarah yang mengedukasi setiap wisatawan. Karena banyak peninggalan-peninggalan dari jaman penjajahan dulu yang masih terawat di wilayah Sibolga ini.

Salah satunya adalah bukit Ketapang. Sebuah bukit yang memiliki benteng bukit Ketapang peninggalan penjajahan Jepang. Dibukit ini kamu masih bisa menemukan beberapa meriam yang digunakan untuk peperangan pada masa lampau.

9. Benteng Simare-mare


Sama dengan objek wisata bukit Ketapang, pada benteng Simare-mare ini bisa kamu temukan deretan meriam besi yang masih berada diposisinya semenjak masa penjajahan. Tempat wisata di Sibolga yang satu ini juga menyuguhkan pesona kota Sibolga dari atas bukit dan hamparan laut biru yang memanjakan mata.

Lokasi benteng ini hanya berjarak 300 meter dari pusat kota Sibolga. Atau hanya butuh waktu kira-kira 35 menit untuk bisa sampai ke benteng Simare-mare.

10. Sibolga Square


Jika berkunjung ke suatu wilayah yang memiliki banyak objek wisata, tidak lengkap jika tidak membeli ole-ole khas daerah tersebut. Untuk kota Sibolga, destinasi yang wajib kamu kunjungi untuk berburu buah tangan adalah Sibolga Square.


Kamu bisa berburu kuliner khas Sibolga di tempat ini. Sibolga Square buka setiap hari, namun dimalam hari tempat ini tutup. Lokasi pusat ole-ole Sibolga berada di Jl. Ahmad Yani, Pasar Baru, Sibolga.

Gimana sobat travelling, sudah tahu mau mengunjungi destinasi wisata Sibolga mana yang akan kamu kunjungi pertama sekali? Bagi kamu yang sudah penat bekerja, ingin healing bareng bestie kamu, Sibolga bisa menjadi pilihan untuk tempat berlibur.

Pastikan budget perjalanan kamu mencukupi agar selama berlibur tidak mengalami kendala. Tempat wisata di Sibolga ini sudah masuk googlemap dan panduan perjalanan yang diberikan jelas.

Sobat travelling tidak akan lelah mengingatkan, bahwa membuang sampah sembarangan dapat merusak alam, ekosistem laut, dan akan membuat wisatawan lainnya menjadi tidak nyaman. Pastikan sobat travelling membuang sampah pada tempatnya.

Mari sama-sama menjaga lingkungan alam kita, agar kita sama-sama nyaman ketika sedang berlibur. HAPPY HOLIDAYS ALL.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Wisata Hutan Mangrove di Indonesia, Seru Jalan Bareng Sahabat

  Tempat wisata hutan mangrove di Indonesia sering disebut sebagai hutan bakau yang ditumbuhi sepanjang pesisir pantai, muara sungai, dan terdapat rawa gambut. Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yaitu untuk penduduk yang tinggal di daerah dekat pantai, mencegah terjadinya abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut menuju daratan. Hutan mangrove di Indonesia banyak terdapat di daerah pesisir Indonesia. Wisata hutan mangrove menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Pengunjung yang datang kesini bisa menyusuri sungai dan membelah hutan bakau. Berikut terdapat 5 fungsi ekologis dari hutan mangrove yang ada di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk wisata alam. 1.  Taman Wisata Alam Angke Kapuk, DKI Jakarta Mangrove adalah sekumpulan pohon yang tumbuh di area sekitar garis pantai dan dipengaruhi pasang surut air laut. Taman wisata alam Angke Kapuk, DKI Jakarta merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pohon mangrove. Taman wisata alam Angke Kapuk ini ber

Keajaiban Pasir Timbul Raja Ampat: Pesona Alam yang Tersembunyi

Raja Ampat selalu menampilkan pesona alam yang memukau. Di sana, kita dapat menyaksikan bukan hanya keindahan bawah laut saja, melainkan juga pemandangan yang menyerupai lukisan alam yang menakjubkan. Kemunculan Pasir Timbul Raja Ampat merupakan salah satu fenomena alam yang luar biasa dan menawarkan pesona alam yang memukau bagi para wisatawan. Raja Ampat, yang terdiri dari serangkaian empat gugusan pulau, seperti permata yang berkilau bagi Indonesia. Keindahannya sungguh luar biasa, dengan alam yang masih alami dan bersih. Salah satu hal yang paling mempesona adalah keberadaan Pasir Timbul. Namun, apa yang membuat tempat ini begitu istimewa? 4 Hal yang Membuat Pasir Timbul Raja Ampat Layak Dikunjungi Ketika Anda merencanakan liburan ke Raja Ampat, sangat disarankan untuk memasukkan Pasir Timbul dalam daftar tempat yang ingin Anda kunjungi. Ada beberapa alasan kuat mengapa hal ini perlu dilakukan. 1. Fenomena Alam yang Memukau Pasir Timbul adalah hamparan daratan yang mu

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Saat jalan-jalan ke pulau Nias, kamu jangan ketinggal earphone atau alat pemutar musik ya, karena perjalanan ini cukup jauh dan sangat enak apabila sembari mendengarkan musik atau lagu chord runtah. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah bar