Langsung ke konten utama

7 Tempat Wisata di Kota Pariaman, Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi

Pariaman adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota ini memiliki beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi.  Berikut adalah tujuh tempat wisata di kota Pariaman yang patut untuk dikunjungi: 1. Pantai Gandoriah Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan ombak yang tenang.  Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah sambil bersantai atau bermain di tepi pantai. 2. Pantai Kata Pantai Kata menawarkan pesona alam yang memesona dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.  Pantai ini cocok untuk berbagai aktivitas, seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai. 3. Danau Singkarak Meskipun tidak terletak langsung di Kota Pariaman, Danau Singkarak merupakan objek wisata terkenal di sekitar Sumatra Barat.  Danau ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dan pengunjung dapat menikmati perjalanan di sekitar danau atau menikmati makanan khas daerah. 4. Pusat Kebudayaan Tabuik Pusat Kebudayaan Tabuik merupakan

8 Wisata Air Terjun Menawan di Sumatera Utara


Hai.. Sobat travelling , kamu harus tahu Sumatera Utara atau yang biasa disingkat dengan Sumut merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di bagian Utara pulau Sumatera. Ibukota provinsi Sumatera Utara adalah Kota Medan dengan luas wilayah 72.981,23 km2 dan jumlah penduduk sebesar 15.136.522 jiwa.


Provinsi ini memiliki keberagaman suku serta adat istiadat, dengan mayoritas penduduk suku batak yakni 44,75% dari total semua suku/etnis yang ada. Tidak hanya sukunya yang beragam, Sumut juga dikenal memiliki banyak tempat wisata yang rekomended untuk dikunjungi.


Dimulai dari pantai, laut, danau, sungai, air terjun dan yang lainnya. Jika kamu berkunjung ke Provinsi ini, pastikan sudah membuat list perjalananmu. Namun, kali ini sobat travelling akan memberi rekomendasi tempat wisata yang keren untuk kamu, yaitu tempat wisata air terjun. Tapi tunggu dulu, jangan terburu-buru sobat, kami menyarankan nih agar kamu memahami artikel ini sembari mendengarkan musik atau lagu chord dermaga biru.


Tempat wisata air terjun di Sumatera Utara tidak ada duanya. Sobat travelling jamin, kamu tidak akan menyesal sudah berkunjung ke sana. Tidak perlu berlama-lama, berikut rekomendasinya untuk kamu.


1. Air Terjun Sipiso piso


Kita mulai dari air terjun Sipiso piso yang berada di Danau Toba yang berhadapan langsung dengan tempat wisata Tongging. Air terjun yang berasal dari aliran sungai Pajanabolon ini memiliki tinggi 120 m (393 kaki).


Pesona keindahan alam disekitarnya menambah nilai plus air terjun ini, membuat banyak wisatawan yang berdatangan untuk melihat salah satu air terjun tertinggi di Indonesia ini.


For your information sobat, tempat wisata yang satu ini buka dari jam 09.00-16.00.


2. Air Terjun Situmurun


Masih di wilayah Danau Toba, terdapat satu air terjun yang alirannya langsung mengalir ke Danau Toba, yaitu Air terjun Situmurun. Ketinggian air terjun ini 70m (229 kaki) yang mengalir dari Bukit Barisan yang seyogianya mengelilingi Danau Toba.


Akses utama menuju air terjun Situmurun ini adalah menggunakan kapal sewaan yang ada dipelabuhan parapat. Pesonanya yang sangat menakjubkan, membuat kamu mendapatkan banyak foto-foto estetik.


Jika kamu senang dengan tantangan, kamu bisa melompat dari sisi tebing air terjun menuju air Danau Toba yang ada dibawahnya. Namun, segala sopan santun berbicara dan bertingkah laku sangat dibutuhkan ditempat-tempat wisata.


3. Air Terjun Mursala


Bergeser sedikit ke daerah Tapanuli Tengah, tepatnya di pulau Mursala. Di pulau tersebut terdapat satu air terjun yang mengalir derah dan langsung menuju laut Samudera Hindia.


Untuk ketinggian air terjun ini, hanya sekitar 30 m (98,4 kaki), namun ada hal keren lainnya yang harus kamu tahu. Dulunya pulau Mursala ini sempat dijadikan tempat shooting film Hollywod yang berjudul “Kingkong”.


Inilah yang menjadikan air terjum Mursalah ini banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri.


4. Air Terjun Lae Une


Sekarang kita menuju Pakpak Bharat. Pesona alam yang diberikan satu wilayah di Sumatera Utara ini begitu banyak, salah satunya adalah air terjun Lae Une.


Jika ingin berkunjung ke air terjun Lae Une ini, kamu cukup pergi ke Desa Kecupak I, Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut (PGGS), kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara. Objek wisata yang satu ini buka setiap hari.


5. Air Terjun Humogo


Dari Pakpak Bharat, Kita menuju ke Pulau Nias. Pulau Nias tidak hanya memiliki pantai, laut dan ombak yang indah, terdapat juga objek wisata yang tidak kalah menakjubkannya dari yang lain, yaitu air terjun Humogo yang berada di wilayah Kota Gunung Sitoli.


Air terjun yang membentang  dengan lebar kurang lebih 8 meter dan tinggi mencapai 9 meter, mirip seperti air terjun Niagara berada tepat di Desa Faroyo, Gunung Sitoli. Kamu akan terpaku dengan pesona alam di sekitar air terjun yang masih alami.


6. Air Terjun Sigura-gura


Pulau samosir memang tidak pernah berhenti menawarkan keindahan alamnya. Terbukti dari banyaknya tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Pulau dengan julukan Kepingan Surga ini.


Salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri adalah air terjun Sigura-gura. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 310 meter, sehingga di jadikan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Indonesia.


Lokasi air terjun Sigura-gura ini berada di Dusun Sigura-gura, Desa Pintu Pohan Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.


7. Air Terjun Efrata


Pulau Samosir terkenal memiliki banyak air terjun yang membawa pesonanya masing-masing. Air terjun yang tidak kalah mengagumkannya dibanding air terjun Sigura-gura adalah air terjunEfrata.


Dengan ketinggian mencapai 20 m, air terjun ini memberikan keindahan pesona jatuhnya air dengan deras dan melebar. Lokasi air terjun Efrata ini berdekatan dengan Menara Pandang Tele.


Jika kamu sedang berkunjung ke Menara Pandang Tele, kamu juga bisa menikmati keindahan air terjun Efrata.


8. Air Terjun Dua Warna


Rekomendasi objek wisata air terjun berikutnya yaitu air terjun Dua Warna, yang berada di wilayah Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara.


Sesuai namanya air terjun ini memiliki dua warna yang berbeda dikarenakan berasal dari 2 air terjun dengan suhu yang berbeda juga. Berada ditengah hutan, membuat air terjun ini mendapat nilai plus dari para pengunjung.


Nah, sobat travelling mau mencoba berkunjung ke air terjun yang mana dulu? Pasti kamu bingung karene semuanya memiliki ciri khas dan keindahannya masing-masing. Tapi saran sobat travelling, cobalah kunjungi tempat wisata air terjun yang dekat dengan lokasi tempat tinggal kamu.


Setelah itu, barulah lakukan list perjalanan dengan lokasi yang lebih jauh lagi dan biaya perjalanan yang sudah terencana juga.


Sobat travelling tidak akan lelah mengingatkan, bahwa membuang sampah sembarangan dapat merusak alam sekitar objek wisata dan akan membuat wisatawan lainnya menjadi tidak nyaman. Pastikan sobat travelling membuang sampah pada tempatnya.


Mari sama-sama menjaga lingkungan alam kita, agar kita sama-sama nyaman ketika sedang berlibur. HAPPY HOLIDAYS ALL.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Wisata Hutan Mangrove di Indonesia, Seru Jalan Bareng Sahabat

  Tempat wisata hutan mangrove di Indonesia sering disebut sebagai hutan bakau yang ditumbuhi sepanjang pesisir pantai, muara sungai, dan terdapat rawa gambut. Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yaitu untuk penduduk yang tinggal di daerah dekat pantai, mencegah terjadinya abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut menuju daratan. Hutan mangrove di Indonesia banyak terdapat di daerah pesisir Indonesia. Wisata hutan mangrove menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Pengunjung yang datang kesini bisa menyusuri sungai dan membelah hutan bakau. Berikut terdapat 5 fungsi ekologis dari hutan mangrove yang ada di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk wisata alam. 1.  Taman Wisata Alam Angke Kapuk, DKI Jakarta Mangrove adalah sekumpulan pohon yang tumbuh di area sekitar garis pantai dan dipengaruhi pasang surut air laut. Taman wisata alam Angke Kapuk, DKI Jakarta merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pohon mangrove. Taman wisata alam Angke Kapuk ini ber

Keajaiban Pasir Timbul Raja Ampat: Pesona Alam yang Tersembunyi

Raja Ampat selalu menampilkan pesona alam yang memukau. Di sana, kita dapat menyaksikan bukan hanya keindahan bawah laut saja, melainkan juga pemandangan yang menyerupai lukisan alam yang menakjubkan. Kemunculan Pasir Timbul Raja Ampat merupakan salah satu fenomena alam yang luar biasa dan menawarkan pesona alam yang memukau bagi para wisatawan. Raja Ampat, yang terdiri dari serangkaian empat gugusan pulau, seperti permata yang berkilau bagi Indonesia. Keindahannya sungguh luar biasa, dengan alam yang masih alami dan bersih. Salah satu hal yang paling mempesona adalah keberadaan Pasir Timbul. Namun, apa yang membuat tempat ini begitu istimewa? 4 Hal yang Membuat Pasir Timbul Raja Ampat Layak Dikunjungi Ketika Anda merencanakan liburan ke Raja Ampat, sangat disarankan untuk memasukkan Pasir Timbul dalam daftar tempat yang ingin Anda kunjungi. Ada beberapa alasan kuat mengapa hal ini perlu dilakukan. 1. Fenomena Alam yang Memukau Pasir Timbul adalah hamparan daratan yang mu

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Saat jalan-jalan ke pulau Nias, kamu jangan ketinggal earphone atau alat pemutar musik ya, karena perjalanan ini cukup jauh dan sangat enak apabila sembari mendengarkan musik atau lagu chord runtah. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah bar