Langsung ke konten utama

7 Tempat Wisata di Kota Pariaman, Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi

Pariaman adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota ini memiliki beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi.  Berikut adalah tujuh tempat wisata di kota Pariaman yang patut untuk dikunjungi: 1. Pantai Gandoriah Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan ombak yang tenang.  Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah sambil bersantai atau bermain di tepi pantai. 2. Pantai Kata Pantai Kata menawarkan pesona alam yang memesona dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.  Pantai ini cocok untuk berbagai aktivitas, seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai. 3. Danau Singkarak Meskipun tidak terletak langsung di Kota Pariaman, Danau Singkarak merupakan objek wisata terkenal di sekitar Sumatra Barat.  Danau ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dan pengunjung dapat menikmati perjalanan di sekitar danau atau menikmati makanan khas daerah. 4. Pusat Kebudayaan Tabuik Pusat Kebudayaan Tabuik merupakan

5 Wisata Alam Terfavorit di Kalimantan Timur

 


Berbicara mengenai destinasi wisata terfavorit di Indonesia, para pelancong dari dalam dan luar negeri seperti dikta pasti langsung memilih Bali dan Lombok sebagai pilihan pertama.

Padahal seluruh wilayah tanah air di anugerahi dengan keindahan alam dan daya tarik yang bebeda-beda di setiap provinsi, mulai dai pantai, laut, gunung, air terjun, hingga sungai.

Biar liburan kamu gak stuck di Bali-Lombok terus, kamu bisa coba untuk liburan di Kalimantan Timur.

Gak perlu takut rencana liburanmu akan membosankan, Samarinda punya banyak destinasi wisata alam menarik yang cocok untuk healing.

Apa saja tempat wisata di Samarinda? Baca selengkapnya dalam ulasan berikut ini:

1. Tepian Sungai Mahakam

Jika mendengar kata Samarinda, tentu hal pertama yang muncul di pikiran adalah Sungai Mahakam. Tidak salah, Sungai Mahakam merupakan salah satu ikon yang menjadi ciri khas Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur ini. Bukan tanpa alasan, Sungai Mahakam merupakan sungai terbesar yang mencapai panjang sekitar 920 km.

Sungai Mahakam membentang dari Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir.

Tentunya menyusuri sungai ini menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang layak dicoba, jika mengunjungi Kota Samarinda dan tempat ini mirip dengan wisata di negara Turkmenistan

Untuk menyusuri sungai ini, Pemerintah Kota Samarinda telah menyediakan kapal wisata yang disebut Pesut Etam. Selain menikmati pemandangan sungai, Kapal Wisata Pesut Etam juga akan membawa pengunjung untuk melihat kemegahan Jembatan Mahkota II, Jembatan Mahakam, dan Jembatan Mahulu.

2. Pulau Beras Basah

Selain sungai, wisata selanjutnya yang juga layak untuk dikunjungi di Kalimantan Timur adalah Pulau Beras Basah.

Wisata ini akan membawa pengunjung untuk menikmati pemandangan eksotis dari hamparan pasir berwarna putih yang terkombinasi dengan laut biru. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati sunset dan sunrise.

Wisata ini terletak di Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang. Untuk sampai di lokasi, pengunjung harus melakukan perjalanan selama kurang lebih tiga jam dari Kota Samarinda.

Selain menikmati keindahan pulau dari permukaan, pengunjung juga dapat snorkeling untuk menikmati panorama bawah laut yang indah.

3. Gua Haji Mangku

Tempat wisata selanjutnya di Kalimantan Timur adalah Goa Haji Mangku. Wisata ini pasti akan langsung menarik hati para wisatawan yang suka tantangan dan petualangan.

Gua ini terletak di Kepulauan Derawan Berau Kalimantan Timur (Kaltim), tepatnya di Pulau Maratua. Lokasi Gua Haji Mangku berada di tengah-tengah hutan dan dikelilingi oleh pohon yang sangat rimbun.

Lokasi gua tidak terlalu sulit untuk dijangkau, namun untuk sampai di lokasi wisatawan harus melakukan trekking ringan melewati hutan-hutan kecil.

Salah satu daya tarik utama dari Gua Haji Mangku adalah keindahan kolamnya dengan air yang jernih dan berwarna biru tua dengan biru toska.

Kolam alami ini tepat berada di bibir gua, dengan airnya yang jernih dan kebiru-biruan membuat pemandangan kolam dan gua menjadi perpaduan yang eksotis dan cantik.

4. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur. Untuk sampai ke lokasi, pengunjung harus melakukan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur.

Danau ini mempunyai pemandangan yang begitu mempesona, dengan air jernih yang bisa memantulkan bayangan layaknya cermin, dan dikelilingi pepohonan rindang yang teduh dan asri.

Ternyata mengenai beningnya air di danau ini, merupakan akibat dari dua lapiasan air di danau, yaitu air laut asin di bagian permukaan dan air tawar di bagian dasarnya.

5. Wisata Batu Dinding

Tidak hanya wisata pantai dan pulaunya yang indah, Kalimantan Timur juga memiliki perbukitan yang unik. Salah satunya adalah Batu Dinding yang terletak di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pemandangan yang indah dari puncak bukit ini sangat layak dijadikan sebagai spot berfoto ria. Apa lagi ketika matahari terbenam, kalian bisa melihat perpaduan warna jingga langit sore dengan hijaunya dedaunan dan putihnya batuan yang ada di tempat ini.

Batu Dinding menawarkan panorama indah hutan dari ketinggian sekitar 125 meter. Untuk dapat sampai ke puncak, para pengunjung harus melakukan pendakian melalui jalan setapak hingga ke puncak bukit.

Keren-keren kan wisata di Kalimantan Timur ini? Niat liburan kemana?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Wisata Hutan Mangrove di Indonesia, Seru Jalan Bareng Sahabat

  Tempat wisata hutan mangrove di Indonesia sering disebut sebagai hutan bakau yang ditumbuhi sepanjang pesisir pantai, muara sungai, dan terdapat rawa gambut. Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yaitu untuk penduduk yang tinggal di daerah dekat pantai, mencegah terjadinya abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut menuju daratan. Hutan mangrove di Indonesia banyak terdapat di daerah pesisir Indonesia. Wisata hutan mangrove menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Pengunjung yang datang kesini bisa menyusuri sungai dan membelah hutan bakau. Berikut terdapat 5 fungsi ekologis dari hutan mangrove yang ada di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk wisata alam. 1.  Taman Wisata Alam Angke Kapuk, DKI Jakarta Mangrove adalah sekumpulan pohon yang tumbuh di area sekitar garis pantai dan dipengaruhi pasang surut air laut. Taman wisata alam Angke Kapuk, DKI Jakarta merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pohon mangrove. Taman wisata alam Angke Kapuk ini ber

Keajaiban Pasir Timbul Raja Ampat: Pesona Alam yang Tersembunyi

Raja Ampat selalu menampilkan pesona alam yang memukau. Di sana, kita dapat menyaksikan bukan hanya keindahan bawah laut saja, melainkan juga pemandangan yang menyerupai lukisan alam yang menakjubkan. Kemunculan Pasir Timbul Raja Ampat merupakan salah satu fenomena alam yang luar biasa dan menawarkan pesona alam yang memukau bagi para wisatawan. Raja Ampat, yang terdiri dari serangkaian empat gugusan pulau, seperti permata yang berkilau bagi Indonesia. Keindahannya sungguh luar biasa, dengan alam yang masih alami dan bersih. Salah satu hal yang paling mempesona adalah keberadaan Pasir Timbul. Namun, apa yang membuat tempat ini begitu istimewa? 4 Hal yang Membuat Pasir Timbul Raja Ampat Layak Dikunjungi Ketika Anda merencanakan liburan ke Raja Ampat, sangat disarankan untuk memasukkan Pasir Timbul dalam daftar tempat yang ingin Anda kunjungi. Ada beberapa alasan kuat mengapa hal ini perlu dilakukan. 1. Fenomena Alam yang Memukau Pasir Timbul adalah hamparan daratan yang mu

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Saat jalan-jalan ke pulau Nias, kamu jangan ketinggal earphone atau alat pemutar musik ya, karena perjalanan ini cukup jauh dan sangat enak apabila sembari mendengarkan musik atau lagu chord runtah. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah bar