Langsung ke konten utama

7 Tempat Wisata di Kota Pariaman, Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi

Pariaman adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota ini memiliki beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi.  Berikut adalah tujuh tempat wisata di kota Pariaman yang patut untuk dikunjungi: 1. Pantai Gandoriah Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan ombak yang tenang.  Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah sambil bersantai atau bermain di tepi pantai. 2. Pantai Kata Pantai Kata menawarkan pesona alam yang memesona dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.  Pantai ini cocok untuk berbagai aktivitas, seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai. 3. Danau Singkarak Meskipun tidak terletak langsung di Kota Pariaman, Danau Singkarak merupakan objek wisata terkenal di sekitar Sumatra Barat.  Danau ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dan pengunjung dapat menikmati perjalanan di sekitar danau atau menikmati makanan khas daerah. 4. Pusat Kebudayaan Tabuik Pusat Kebudayaan Tabuik merupakan

Rekomendasi Air Terjun Terbaik di Bandung


Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang punya sejuta pesona dan menjadikan kota ini sebagai tempat wisata favorit wisatawan.

Bandung menyediakan tempat belanja, kuliner enak, pemandangan alam yang hijau, hingga pemandangan alam dari puncak gunung. Mulai dari gunung yang tinggi, hingga gunung yang cocok untuk pendaki pemula.

Selain mendaki, mengeksplor alam Bandung juga dapat dilakukan dengan mengunjungi curug atau air terjun, yang tersembunyi di kota ini.

Mendengarkan deburan air dari curug, akan membawa ketenangan tersendiri. Selain itu, pemandangan alamnya yang indah cocok untuk diabadikan dalam kamera. Nantinya gambar-gambar tersebut dapat kamu lihat kembali ketika sedang bosan.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kamu juga bisa mengetahui agama deva mahenra, aktor muda asal Indonesia. Merasa tertarik untuk berwisata ke air terjun yang ada di Bandung? Tapi belum tahu air terjun mana yang paling bagus? Tenang, simak saja ulasan berikut dan tentukan pilihanmu.

1. Curug Malela


Curug pertama yang direkomendasikan untuk kamu kunjungi di Bandung adalah Curug Malela, yang terletak di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Curug yang satu ini memiliki keindahan yang luar biasa. Tak hanya tinggi, curug ini juga mempunyai bentuk yang melebar. Dengan ketinggian sekitar 60 meter dan lebar 70 meter, curug ini mempunyai 5 jalur yang berbeda dan memiliki air sungai yang cukup deras.

Meskipun memang untuk mencapai lokasi curug ini tidak mudah. Berada di ketinggian di atas 1000 mdpl, perlu waktu 3 jam anda untuk sampai ke lokasi. Namun semua rasa lelah diperjalanan akan di bayar lunas dengan panorama indah yang ada di lokasi.

2. Curug Panganten


Wisata curug menarik lainnya di Bandung adalah Curug Penganten. Curug ini punya mitos menarik yang layak untuk dicoba loh. Percaya atau tidak, katanya kalau melakukan ritual mandi sambil berzikir di lokasi curug maka tujuan dan keinginan yang diucapkan bisa tercapai.

Boleh dicoba, tuh. Kalau kamu tidak percaya dengan mitos-mitosan, gak masalah. Nikmati saja pemandangan alam indah di sekitar curug ini.

Terletak di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, kamu perlu harus berjuang sampai ke curug ini, karena lokasinya berada di ketinggian 1050 mdpl.

Mungkin kamu bertanya-tanya, kok curug ini diberi nama curug penganten? Jadi nama Penganten diberikan karena air terjun ini memiliki dua aliran air yang saling berpasangan layaknya sepasang kekasih/pengantin.

Namun ada yang mengatakan jika penamaan air terjun ini ada hubungannya dengan sepasang pengantin. Dikisahkan bahwa dahulu pernah ada sepasang kekasih yang baru menikah dan mengunjungi tempat ini, namun karena suatu kejadian sepasang kekasih ini terjatuh dan hanyut terbawa arus sungai dari air terjun ini.

Kisah lainnya menyebutkan bahwa pasangan tersebut tidak terjatuh dan hanyut, melainkan bunuh diri di air terjun ini.

3. Curug Dago


Curug selanjutnya yang akan kita bahas adalah Curug Dago yang terletak di Kampung Curug Dago, Desa Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap.

Letaknya sangat tersembunyi. Curug ini masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (THR) Djuanda. Diantara objek wisata di THR Djuanda, Curug dago biasanya  paling jarang dikunjungi.

Berada di atas ketinggian pegunungan 800 mdpl, Curug Dago ternyata mempunyai daya tarik sebagai salah satu lokasi jejak rekam sejarah bagi kerajaan Thailand.

Tak jauh dari lokasi curug, terdapat dua prasasti batu tulis peninggalan tahun 1818.

Menurut para ahli sejarah, kedua prasasti tersebut konon merupakan peninggalan Raja Rama V (Raja Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharaminthara) yang pernah berkunjung ke Curug Dago.

4. Curug Bugbrug


Curug Bugbrug berada di Desa Kertawangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tempat wisata ini masih belum banyak terjamah wisatawan, sehingga Curug Bugrug menawarkan keindahan yang masih alami.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Curug Bugbrug adalah ketika musim huja karena volume jatuhan airnya akan mencapai volume terbesar dan menjadi daya tarik Curug Bugbrug.

5. Curug Cinulang


Curug indah selanjutnya yang ada di Bandung adalah Curug Cinulang. Objek wisata ini sudah popular sejak lama.

Selain dikenal sebagai Curug Cinulang, curug ini juga dikenal dengan Curug Sindulang. Hal ini dikarenakan curug ini memang berada di desa Sindulang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang.

Dari antara 5 curug yang dibahas di atas, favorit kamu yang mana?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Wisata Hutan Mangrove di Indonesia, Seru Jalan Bareng Sahabat

  Tempat wisata hutan mangrove di Indonesia sering disebut sebagai hutan bakau yang ditumbuhi sepanjang pesisir pantai, muara sungai, dan terdapat rawa gambut. Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yaitu untuk penduduk yang tinggal di daerah dekat pantai, mencegah terjadinya abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut menuju daratan. Hutan mangrove di Indonesia banyak terdapat di daerah pesisir Indonesia. Wisata hutan mangrove menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Pengunjung yang datang kesini bisa menyusuri sungai dan membelah hutan bakau. Berikut terdapat 5 fungsi ekologis dari hutan mangrove yang ada di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk wisata alam. 1.  Taman Wisata Alam Angke Kapuk, DKI Jakarta Mangrove adalah sekumpulan pohon yang tumbuh di area sekitar garis pantai dan dipengaruhi pasang surut air laut. Taman wisata alam Angke Kapuk, DKI Jakarta merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pohon mangrove. Taman wisata alam Angke Kapuk ini ber

Keajaiban Pasir Timbul Raja Ampat: Pesona Alam yang Tersembunyi

Raja Ampat selalu menampilkan pesona alam yang memukau. Di sana, kita dapat menyaksikan bukan hanya keindahan bawah laut saja, melainkan juga pemandangan yang menyerupai lukisan alam yang menakjubkan. Kemunculan Pasir Timbul Raja Ampat merupakan salah satu fenomena alam yang luar biasa dan menawarkan pesona alam yang memukau bagi para wisatawan. Raja Ampat, yang terdiri dari serangkaian empat gugusan pulau, seperti permata yang berkilau bagi Indonesia. Keindahannya sungguh luar biasa, dengan alam yang masih alami dan bersih. Salah satu hal yang paling mempesona adalah keberadaan Pasir Timbul. Namun, apa yang membuat tempat ini begitu istimewa? 4 Hal yang Membuat Pasir Timbul Raja Ampat Layak Dikunjungi Ketika Anda merencanakan liburan ke Raja Ampat, sangat disarankan untuk memasukkan Pasir Timbul dalam daftar tempat yang ingin Anda kunjungi. Ada beberapa alasan kuat mengapa hal ini perlu dilakukan. 1. Fenomena Alam yang Memukau Pasir Timbul adalah hamparan daratan yang mu

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Saat jalan-jalan ke pulau Nias, kamu jangan ketinggal earphone atau alat pemutar musik ya, karena perjalanan ini cukup jauh dan sangat enak apabila sembari mendengarkan musik atau lagu chord runtah. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah bar