Langsung ke konten utama

Pesona Keindahan Danau Kelimutu

  Danau Kelimutu atau Tiwu Kelimutu merupakan tempat wisata yang memberikan pengalaman wisata seru dan menyenangkan ketika anda berada di Woloara, Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Danau ini dibagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna - warna yang ada di dalamnya. Sudah bukan hal baru lagi bahwa kawasan Nusa Tenggara Timur menyimpan banyak sekali potensi wisata yang menarik. Mulai dari wisata pantainya yang indah hingga aneka kawasan pemandangan yang begitu menawan. Salah satu tempat wisata yang paling banyak diminati pecinta wisata adalah Danau Kelimutu atau Tiwu Kelimutu yang memberikan pengalaman wisata seru dan menyenangkan. Bagi pecinta wisata yang berkunjung ke Flores maka tidak ada salahnya anda mengunjungi wisata menarik Danau Kelimutu. Tempat wisata ini sering disebut dengan Danau Tiga Warna. Bukan hanya populer sebagai tempat wisata di dalam negeri saja, namun danau ini juga menarik hati para wisatawan luar negeri. Daya Tarik Danau Kelimutu : 1. Sang monyet

Candi Eksotis di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi Selain Borobudur

 

Jika berbicara mengenai candi yang ada di Yogyakarta, kamu pasti langsung ingat Candi Borobudur.  Candi terbesar di dunia ini memang tersohor hingga ke luar negeri. Namun kamu harus tahu, ada banyak candi lain yang harus dikunjungi di Yogyakarta.

Candi-candi tersebut punya keindahan dan daya tarik tersendiri, yang akan mewarnai liburanmu. Biar gak bikin penasaran, mending baca ulasan mengenai daftar candi di Yogyakarta yang harus dikunjungi saat liburan selain Borobudur berikut ini:

1. Candi Prambanan

Berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan peninggalan Agama Budha, Candi Prambanan yang lebih dikenal dengan Candi Roro Jonggrang merupakan peninggalan Agama Hindu terbesar di Indonesia, yang diperkirakan dibangun pada abad ke 9 masehi.

Prambanan yang merupakan candi terbesar di Indonesia sudah diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Candi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini, termasuk dalam satu candi terindah di Asia Tenggara.

Selain itu, lokasi candi ini dapat di jangkau menggunakan bus Trans Jogja. Jadi pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi, tidak akan kesulitan jika akan mengunjungi Candi Prambanan ini.

2. Candi Kalasan

Candi di Jogja yang harus di kunjungi adalah Candi Kalasan yang berlokasi di Desa Kalibening, Tirtamani, kabupaten Sleman. Candi ini memiliki arsitektur yang tidak kalah bagus dengan candi-candi yang lain di Jogja.

Candi Kalasan disebut sebagai candi Budha tertua yang ada di Jogjakarta. Uniknya, relief-relief yang ada di candi ditempel menggunakan semen kuno disebut dengan Vajralepa.

Candi ini hanya berjarak 2 km dari Candi Prambanan. Sehingga keduanya dapat dikunjungi dalam waktu berdekatan. Lokasi tepanya ada di Kalibening, Kalurahan Tirtomartani, Kapanewon Kalasan, Kabupaten Sleman.

3. Candi Ratu Boko

Candi di Yogyakarta yang juga harus masuk list wisata di Jogja yang harus kamu kunjungi adalah Candi Ratu Boko yang berada di Kecamatan Bokoharjo, Sleman.

Candi ini populer sebab pernah menjadi lokasi shooting film Ada Apa dengan Cinta 2. Jika menonton film populer tersebut, kamu dapat melihat keindahan yang ada di Candi Ratu Boko ini.

4. Candi Ijo



Candi Ijo dibangun di atas bukit hijau atau gumuk ijo dengan ketinggian sekitar 425 mdpl. Selain menyusuri bangunan candi, kamu juga bisa menunggu sampai sore untuk menikmati matahari terbenam dan mengambil gambar dengan kamera terbaik yang kamu punya. Berlokasi di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, pemandangan dari candi ini cocok sebagai berburu foto aesthetic karena memiliki banyak tempat foto keren yang sayang untuk dilewatkan.

5. Candi Banyunibo

Candi berikutnya yang direkomendasikan untuk di kunjungi di Jogja adalah Candi Banyunibo yang terletak di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman.  

Candi Banyunibo merupakan salah satu candi yang bercorak agama Budha. Diperkiraran candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-9 Masehi.

Saat pertama kali ditemukan, candi dalam keadaan rusak berat. Namun upaya pemerintah melakukan rekontruksi membuat Candi Banyunibo dapat menjadi lokasi wisata yang tak kalah indah.

6. Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan candi Hindu yang terletak di Purwomartani, Kalasan, Sleman.

Candi yang diperkirakan merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno pada masa pemerintahan Raja Rakai Garung ini, mempunyai pemandangan sangat unik karena keberadaannya yang tersembunyi di bawah tanah.

Candi Sambisari ditemukan tak sengaja oleh seorang petani yang bernama Karyowinangun pada 1996, saat dia sedang mencangkul di sawah miliknya dan tidak sengaja ujung cangkulnya membentur bagian candi hingga akhirnya para peneliti purbakala tertarik untuk menggalinya.

Seluruh candi yang disebutkan di atas sangat menarik untuk di kunjungi, terutama oleh orang-orang yang tertarik untuk mengulik nilai sejarah candi-candi kuno ini. Namun jika tak ingin belajar soal sejarah, candi-candi tersebut dapat dikunjungi sebagaik bukti sedang liburan di Jogjakarta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Wisata di Sibolga yang Paling Rekomended

Kota Sibolga yang dikenal dengan julukan kota ikan, berada di provinsi Sumatera Utara. Letak kota ini berapa di pantai Barat pulau Sumatera, yang membujur sepanjang pantai dari Utara ke Selatan dan berada di kawasan Teluk Tapian Nauli. Jarak kota Medan ke Sibolga kurang lebih 350 km, atau sekitar 8 jam perjalanan darat. Kota Sibolga memiliki banyak destinasi wisata dan menjadi salah satu tempat wisata terdekat dari kota medan. Bagi kamu yang hobi travelling dan staycation, 10 tempat wisata di Sibolga berikut ini menjadi rekomendasi dan wajib sobat travelling kunjungi. Berikut ke 10 tempat wisata di Sibolga yang paling rekomended. 1. Pulau Mursala Jika kamu masih ingat film Hollywod yang berjudul “Kingkong”, lokasi syuting yang digunakan berada di pulau Mursala ini. Selain keindahan airnya, pulau Mursala Sibolga juga menawarkan sisi lain yang ada di pulau ini. Adanya air terjun yang airnya langsung jatuh ke laut, menambah nilai plus pulau ini. Walau secara pembagian wilayah NKRI, pula

Daya Tarik Wisata Pulau Pandang Batubara

Hai Sobat Traveling, apa kamu sudah pernah berkunjung ke Sumatera Utara? Jika sudah, tempat wisata mana saja yang sudah kamu kunjungi? Mungkin beberapa dari sobat Traveling masih belum pernah ke Sumatera dan beberapa sudah pernah namun belum mengunjungi semua tempat wisata di Sumatera Utara. Provinsi Sumatera terkenal dengan tempat wisatanya yang keren dan rekomended untuk di kunjungi. Mulai dari wisata gunung, wisata air, wisata pulau dan masih banyak lagi yang bisa kamu jumpai. Salah satu tempat wisata Sumatera Utara yang menghasilkan foto estetik adalah Pulau Pandang Batubara. Masih banyak yang belum mengetahui tempat wisata yang satu ini, oleh karena itu sobat Traveling akan berbagi informasi untuk kalian semua. Pulau Pandang Pulau Pandang adalah salah satu pulau kecil yang terletak disebelah utara Kecamatan Tanjung Tiram dan berada di Selat Malaka, lepas pantai Sumatera, sekitar 47 km dari Tanjung Balai dan 10 km dari selatan Pulau Salahnamo. Pulau Pandang masih masuk dalam wilaya

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah barat Pulau Sumatera, serta berada di tengah-tengah Samudera Hindia. Secara letak geografis, Pulau Nias terletak di garis 0’12’-0’32’ Lintang Utara (LU) dan 97’-98’ Bujur Timur (BT) dekat dengan garis K