Langsung ke konten utama

7 Tempat Wisata di Kota Pariaman, Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi

Pariaman adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota ini memiliki beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi.  Berikut adalah tujuh tempat wisata di kota Pariaman yang patut untuk dikunjungi: 1. Pantai Gandoriah Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan ombak yang tenang.  Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah sambil bersantai atau bermain di tepi pantai. 2. Pantai Kata Pantai Kata menawarkan pesona alam yang memesona dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.  Pantai ini cocok untuk berbagai aktivitas, seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai. 3. Danau Singkarak Meskipun tidak terletak langsung di Kota Pariaman, Danau Singkarak merupakan objek wisata terkenal di sekitar Sumatra Barat.  Danau ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dan pengunjung dapat menikmati perjalanan di sekitar danau atau menikmati makanan khas daerah. 4. Pusat Kebudayaan Tabuik Pusat Kebudayaan Tabuik merupakan

Candi Eksotis di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi Selain Borobudur

 

Jika berbicara mengenai candi yang ada di Yogyakarta, kamu pasti langsung ingat Candi Borobudur.  Candi terbesar di dunia ini memang tersohor hingga ke luar negeri. Namun kamu harus tahu, ada banyak candi lain yang harus dikunjungi di Yogyakarta.

Candi-candi tersebut punya keindahan dan daya tarik tersendiri, yang akan mewarnai liburanmu. Biar gak bikin penasaran, mending baca ulasan mengenai daftar candi di Yogyakarta yang harus dikunjungi saat liburan selain Borobudur berikut ini:

1. Candi Prambanan

Berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan peninggalan Agama Budha, Candi Prambanan yang lebih dikenal dengan Candi Roro Jonggrang merupakan peninggalan Agama Hindu terbesar di Indonesia, yang diperkirakan dibangun pada abad ke 9 masehi.

Prambanan yang merupakan candi terbesar di Indonesia sudah diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Candi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini, termasuk dalam satu candi terindah di Asia Tenggara.

Selain itu, lokasi candi ini dapat di jangkau menggunakan bus Trans Jogja. Jadi pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi, tidak akan kesulitan jika akan mengunjungi Candi Prambanan ini.

2. Candi Kalasan

Candi di Jogja yang harus di kunjungi adalah Candi Kalasan yang berlokasi di Desa Kalibening, Tirtamani, kabupaten Sleman. Candi ini memiliki arsitektur yang tidak kalah bagus dengan candi-candi yang lain di Jogja.

Candi Kalasan disebut sebagai candi Budha tertua yang ada di Jogjakarta. Uniknya, relief-relief yang ada di candi ditempel menggunakan semen kuno disebut dengan Vajralepa.

Candi ini hanya berjarak 2 km dari Candi Prambanan. Sehingga keduanya dapat dikunjungi dalam waktu berdekatan. Lokasi tepanya ada di Kalibening, Kalurahan Tirtomartani, Kapanewon Kalasan, Kabupaten Sleman.

3. Candi Ratu Boko

Candi di Yogyakarta yang juga harus masuk list wisata di Jogja yang harus kamu kunjungi adalah Candi Ratu Boko yang berada di Kecamatan Bokoharjo, Sleman.

Candi ini populer sebab pernah menjadi lokasi shooting film Ada Apa dengan Cinta 2. Jika menonton film populer tersebut, kamu dapat melihat keindahan yang ada di Candi Ratu Boko ini.

4. Candi Ijo



Candi Ijo dibangun di atas bukit hijau atau gumuk ijo dengan ketinggian sekitar 425 mdpl. Selain menyusuri bangunan candi, kamu juga bisa menunggu sampai sore untuk menikmati matahari terbenam dan mengambil gambar dengan kamera terbaik yang kamu punya. Berlokasi di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, pemandangan dari candi ini cocok sebagai berburu foto aesthetic karena memiliki banyak tempat foto keren yang sayang untuk dilewatkan.

5. Candi Banyunibo

Candi berikutnya yang direkomendasikan untuk di kunjungi di Jogja adalah Candi Banyunibo yang terletak di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman.  

Candi Banyunibo merupakan salah satu candi yang bercorak agama Budha. Diperkiraran candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-9 Masehi.

Saat pertama kali ditemukan, candi dalam keadaan rusak berat. Namun upaya pemerintah melakukan rekontruksi membuat Candi Banyunibo dapat menjadi lokasi wisata yang tak kalah indah.

6. Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan candi Hindu yang terletak di Purwomartani, Kalasan, Sleman.

Candi yang diperkirakan merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno pada masa pemerintahan Raja Rakai Garung ini, mempunyai pemandangan sangat unik karena keberadaannya yang tersembunyi di bawah tanah.

Candi Sambisari ditemukan tak sengaja oleh seorang petani yang bernama Karyowinangun pada 1996, saat dia sedang mencangkul di sawah miliknya dan tidak sengaja ujung cangkulnya membentur bagian candi hingga akhirnya para peneliti purbakala tertarik untuk menggalinya.

Seluruh candi yang disebutkan di atas sangat menarik untuk di kunjungi, terutama oleh orang-orang yang tertarik untuk mengulik nilai sejarah candi-candi kuno ini. Namun jika tak ingin belajar soal sejarah, candi-candi tersebut dapat dikunjungi sebagaik bukti sedang liburan di Jogjakarta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Wisata Hutan Mangrove di Indonesia, Seru Jalan Bareng Sahabat

  Tempat wisata hutan mangrove di Indonesia sering disebut sebagai hutan bakau yang ditumbuhi sepanjang pesisir pantai, muara sungai, dan terdapat rawa gambut. Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yaitu untuk penduduk yang tinggal di daerah dekat pantai, mencegah terjadinya abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut menuju daratan. Hutan mangrove di Indonesia banyak terdapat di daerah pesisir Indonesia. Wisata hutan mangrove menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Pengunjung yang datang kesini bisa menyusuri sungai dan membelah hutan bakau. Berikut terdapat 5 fungsi ekologis dari hutan mangrove yang ada di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk wisata alam. 1.  Taman Wisata Alam Angke Kapuk, DKI Jakarta Mangrove adalah sekumpulan pohon yang tumbuh di area sekitar garis pantai dan dipengaruhi pasang surut air laut. Taman wisata alam Angke Kapuk, DKI Jakarta merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pohon mangrove. Taman wisata alam Angke Kapuk ini ber

Keajaiban Pasir Timbul Raja Ampat: Pesona Alam yang Tersembunyi

Raja Ampat selalu menampilkan pesona alam yang memukau. Di sana, kita dapat menyaksikan bukan hanya keindahan bawah laut saja, melainkan juga pemandangan yang menyerupai lukisan alam yang menakjubkan. Kemunculan Pasir Timbul Raja Ampat merupakan salah satu fenomena alam yang luar biasa dan menawarkan pesona alam yang memukau bagi para wisatawan. Raja Ampat, yang terdiri dari serangkaian empat gugusan pulau, seperti permata yang berkilau bagi Indonesia. Keindahannya sungguh luar biasa, dengan alam yang masih alami dan bersih. Salah satu hal yang paling mempesona adalah keberadaan Pasir Timbul. Namun, apa yang membuat tempat ini begitu istimewa? 4 Hal yang Membuat Pasir Timbul Raja Ampat Layak Dikunjungi Ketika Anda merencanakan liburan ke Raja Ampat, sangat disarankan untuk memasukkan Pasir Timbul dalam daftar tempat yang ingin Anda kunjungi. Ada beberapa alasan kuat mengapa hal ini perlu dilakukan. 1. Fenomena Alam yang Memukau Pasir Timbul adalah hamparan daratan yang mu

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Saat jalan-jalan ke pulau Nias, kamu jangan ketinggal earphone atau alat pemutar musik ya, karena perjalanan ini cukup jauh dan sangat enak apabila sembari mendengarkan musik atau lagu chord runtah. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah bar