Langsung ke konten utama

7 Tempat Wisata di Kota Pariaman, Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi

Pariaman adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota ini memiliki beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi.  Berikut adalah tujuh tempat wisata di kota Pariaman yang patut untuk dikunjungi: 1. Pantai Gandoriah Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan ombak yang tenang.  Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah sambil bersantai atau bermain di tepi pantai. 2. Pantai Kata Pantai Kata menawarkan pesona alam yang memesona dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.  Pantai ini cocok untuk berbagai aktivitas, seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai. 3. Danau Singkarak Meskipun tidak terletak langsung di Kota Pariaman, Danau Singkarak merupakan objek wisata terkenal di sekitar Sumatra Barat.  Danau ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dan pengunjung dapat menikmati perjalanan di sekitar danau atau menikmati makanan khas daerah. 4. Pusat Kebudayaan Tabuik Pusat Kebudayaan Tabuik merupakan

Berburu Jajanan di Bandung, Pasti Bikin Kenyang

 


Setelah melakukan pendakian dan mengunjungi curug di Bandung, hal selanjutnya yang harus dilakukan ketika liburan di Bandung adalah kulineran.

Rasanya sangat sayang kalo sedang mengunjungi suatau wilayah, tapi gak sempat icip-icip makanan yang ada di sana. Apalagi ada banyak tempat wisata kuliner Bandung yang akan memanjakan lidah kamu.

Apa saja makanan yang harus kamu coba kalau sedang di Bandung? Tapi sebelum itu kamu juga bisa mengetahui profil dari mikha tambayong, aktris muda asal Indonesia. Liat daftarnya berikut ini:

1. Surabi Bandung



Kuliner tradisional ini merupakan salah satu penganan khas kota Bandung. Dibuat dari campuran bahan utama tepung beras dan santan kelapa, membuat surabi memiliki tekstur lembut dan rasa gurih yang selalu menggugah selera.

Jika dulu surabi Bandung hanya memiliki dua varian rasa, yaitu rasa manis dengan saus kinca (air gula aren) dan rasa asin dengan bumbu oncom atau taburan oncom pedas diatasnya, kini surabi sudah berinovasi menjadi kuliner kekinian dengan berbagai jenis saus dan toping yang menemaninya.

2. Batagor



Batagor merupakan salah satu jajanan yang mudah ditemukan di mana saja. Batagor ini ternyata berasal dari Bandung dan merupakan hasil adaptasi makanan Tionghoa-Indonesia. Teksturnya renyah serta enak cocok untuk menemani makan sore.

Batagor terdiri dari adonan bakso ikan tenggiri yang diisi ke dalam tahu dan kulit pangsit, kemudian digoreng. Selanjutnya batagor disajikan dengan siraman sambal kacang.

3. Seblak



Seblak adalah masakan khas Sunda yang dikenal berasal dari wilayah Parahyangan dengan cita rasa gurih dan pedas

Makanan yang satu ini terbuat dari kerupuk yang direbus lalu dicampur dengan racikan cabai, bawang putih, garam, dan kencur. Biasanya seblak ditambah juga dengan sayuran serta topping seperti potongan daging ayam, batagor hingga ceker.

Cita rasanya yang unik dan khas, dijamin akan membuat kamu jatuh cinta dan ketagihan.

4. Gehu Jeletot



Gehu merupakan singkatan dari toge tahu. Seperti namanya, Gehu merupakan jajanan khas Sunda yang terbuat dari tahu yang diisi dengan tauge dan kadang dicampur racikan bumbu pedas kemudian digoreng dengan pelapis tepung,

Oleh masyarakat Sunda, gehu pedas disebut juga gehu jeletot (bahasa Sunda: gehu melotot atau urat keseleo) karena rasanya yang amat pedas sampai seakan-akan membuat mata melotot atau keseleo otot.

Saat ini, isian dari Gehu ini sudah semakin bervarisasi, ada yang menggunakan kol, bihun, dan wortel, bahkan ada juga yang menambahkan daging cincang dan udang.

Gehu pedas ini rasanya benar-benar sedap dengan tekstur yang garing dan renyah.

5. Cilok



Makanan khas Bandung yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan. Cilok merupakan singkatan dari Aci dicolok. Makanan ini dibuat menggunakan olahan tepung kanji khas Bandung, sehingga Cilok ini punya tekstur kenyal dan biasanya disiram dengan bumbu kacang. Saking banyaknya peminat makanan ini, variasi kekinian dari cilok terus bermunculan diantaranya, cilok bumbu barbeque dan yogurt, cilok crispy, cilok keju dan cilok bakar mozarela.

6. Tahu Susu Bandung



Makanan selanjutnya yang harus dicicipi di Bandung adalah Tahu Susu Bandung. Makanan yang berasal dari Lembang ini mempunyai rasa yang lebih gurih, tahu ini juga memiliki tekstur yang lebih lembut, padat, dan halus. Hal ini tentunya dapat membuat ketagihan siapapun yang telah mencicipinya.

Dalam proses pembuatannya, makanan ini dicampur susu asli, sehingga mengandung protein bergizi.

7. Siomay



Ngomongin makanan khas Bandung, tentu aja enggak bisa tanpa ngomongin siomay. Makanan ini umumnya dibuat dari ikan tenggiri, ayam, udang, dan kepiting.

Siomay biasanya dimakan dengan beberapa campuran bahan makanan, seperti kentang, kubis, telur ayam rebus, dan tahu, kemudian dicampur dengan bumbu kacang,

Beragam jajanan yang sudah disebutkan di atas, hanya beberapa diantara jajanan populer di Bandung. Lain kali akan kita bahas makanan-makanan lain yang harus kamu coba, saat liburan di kota ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Wisata Hutan Mangrove di Indonesia, Seru Jalan Bareng Sahabat

  Tempat wisata hutan mangrove di Indonesia sering disebut sebagai hutan bakau yang ditumbuhi sepanjang pesisir pantai, muara sungai, dan terdapat rawa gambut. Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yaitu untuk penduduk yang tinggal di daerah dekat pantai, mencegah terjadinya abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut menuju daratan. Hutan mangrove di Indonesia banyak terdapat di daerah pesisir Indonesia. Wisata hutan mangrove menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Pengunjung yang datang kesini bisa menyusuri sungai dan membelah hutan bakau. Berikut terdapat 5 fungsi ekologis dari hutan mangrove yang ada di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk wisata alam. 1.  Taman Wisata Alam Angke Kapuk, DKI Jakarta Mangrove adalah sekumpulan pohon yang tumbuh di area sekitar garis pantai dan dipengaruhi pasang surut air laut. Taman wisata alam Angke Kapuk, DKI Jakarta merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pohon mangrove. Taman wisata alam Angke Kapuk ini ber

Keajaiban Pasir Timbul Raja Ampat: Pesona Alam yang Tersembunyi

Raja Ampat selalu menampilkan pesona alam yang memukau. Di sana, kita dapat menyaksikan bukan hanya keindahan bawah laut saja, melainkan juga pemandangan yang menyerupai lukisan alam yang menakjubkan. Kemunculan Pasir Timbul Raja Ampat merupakan salah satu fenomena alam yang luar biasa dan menawarkan pesona alam yang memukau bagi para wisatawan. Raja Ampat, yang terdiri dari serangkaian empat gugusan pulau, seperti permata yang berkilau bagi Indonesia. Keindahannya sungguh luar biasa, dengan alam yang masih alami dan bersih. Salah satu hal yang paling mempesona adalah keberadaan Pasir Timbul. Namun, apa yang membuat tempat ini begitu istimewa? 4 Hal yang Membuat Pasir Timbul Raja Ampat Layak Dikunjungi Ketika Anda merencanakan liburan ke Raja Ampat, sangat disarankan untuk memasukkan Pasir Timbul dalam daftar tempat yang ingin Anda kunjungi. Ada beberapa alasan kuat mengapa hal ini perlu dilakukan. 1. Fenomena Alam yang Memukau Pasir Timbul adalah hamparan daratan yang mu

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Saat jalan-jalan ke pulau Nias, kamu jangan ketinggal earphone atau alat pemutar musik ya, karena perjalanan ini cukup jauh dan sangat enak apabila sembari mendengarkan musik atau lagu chord runtah. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah bar