Langsung ke konten utama

Pesona Keindahan Danau Kelimutu

  Danau Kelimutu atau Tiwu Kelimutu merupakan tempat wisata yang memberikan pengalaman wisata seru dan menyenangkan ketika anda berada di Woloara, Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Danau ini dibagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna - warna yang ada di dalamnya. Sudah bukan hal baru lagi bahwa kawasan Nusa Tenggara Timur menyimpan banyak sekali potensi wisata yang menarik. Mulai dari wisata pantainya yang indah hingga aneka kawasan pemandangan yang begitu menawan. Salah satu tempat wisata yang paling banyak diminati pecinta wisata adalah Danau Kelimutu atau Tiwu Kelimutu yang memberikan pengalaman wisata seru dan menyenangkan. Bagi pecinta wisata yang berkunjung ke Flores maka tidak ada salahnya anda mengunjungi wisata menarik Danau Kelimutu. Tempat wisata ini sering disebut dengan Danau Tiga Warna. Bukan hanya populer sebagai tempat wisata di dalam negeri saja, namun danau ini juga menarik hati para wisatawan luar negeri. Daya Tarik Danau Kelimutu : 1. Sang monyet

Lagi di Bali? Kulineran Aja, Yuk

Berkunjung ke Bali merupakan impian dari banyak orang. Destinasi wisata andalan Indonesia ini, menyimpan sejuta pesona yang mampu membius setiap wisatawan.

Keindahan pantai dengan pasir putih yang membentang luas di Bali sudah tersohor hingga ke berbagai negara. Pemandangan alamnya yang hijau, serta lestarinya adat istiadat masyarakat setempat, menjadi daya tarik wisata lainnya yang ada di sana.

Namun, seluruh keindahan tersebut akan terasa kurang lengkap, jika tak ada kuliner lezat untuk melengkapinya. Karena, perut yang keroncongan akan menghambarkan seluruh pemandangan indah di depan mata.

Namun di Bali gak perlu khawatir soal perut, selain pemandangan alamnya, Bali juga punya banyak kuliner khas menggugah selera yang jadi buruan para wisatawan.

Penasaran dengan makanan khas Bali yang terkenal lezat? Udah, mending lihat dalam daftar berikut ini:

 Nasi Jinggo

Makanan khas Bali pertama yang harus dicicipi saat berkunjung adalah Nasi Jinggo. Sekilas,  kuliner yang satu ini mirip dengan Nasi Kucing asal Jawa Tengah.

Disajikan dengan menggunakan daun pisang dan berisi sejumlah lauk pauk seperti kering tempe, mie, dan suwiran ayam, namun porsinya terbilang kecil.

Menariknya, Nasi Jinggo ini dijual dengan harga murah.

Sate Lilit


Bali juga punya sate khas yang sudah sangat terkenal, yaitu Sate Lilit. Sate ini berbeda dengan sate pada umumnya yang ditusuk dengan menggunakan tusuk sate dari bambu kemudian di bakar, sate lilit ini menggunakan daging ayam atau ikan yang sudah digiling.

Daging ini kemudian dicampur dengan kelapa parut, kemudian dililit pada batang bambu atau batang sereh yang tebal.

Ayam Betutu

Makanan Bali satu ini berupa hidangan ayam dan terkadang bebek, yang dimasak utuh dan bagian perutnya diisi dengan berbagai macam bumbu dan rempah, seperti daun jeruk, serai, daun salam, kunyit, jahe, bawang merah, kemiri, dan rempah lainnya. Ayam yang sudah dibumbui kemudian dibungkus daun pisang atau daun pinang dan dipanggang. Proses memanggangnya menggunakan panas bara api sekam, bisa memakan waktu pematangan selama sehari semalam. Rasa ayam betutu gurih dan pedas. Dahulu hidangan ini merupakan sajian pada upacara keagamaan, tetapi kini bisa dimakan kapan pun.

Babi Guling


Babi guling merupakan makanan tradisional khas Bali yang paling populer, namun tidak halal bagi umat muslim.

Dalam proses memasaknya, babi utuh akan lebih dulu dibersihkan bagian perutnya. Kemudian diberikan bumbu dan sayuran seperti daun ketela. Lalu babi akan dipanggang sambil diputar perlahan, sehingga dinamakan babi guling.

Lawar


Lawar merupakan makanan khas Bali yang terbuat dari sayur-sayuran dan campuran daging cincang, yaitu lawar. Sayuran yang digunakan seperti kacang panjang, nangka, dan parutan kelapa, lalu dicampur dengan bumbu khas Bali. Makanan ini memiliki rasa enak dan gurih, yang membuat siapapun pasti ketagihan jika sudah mencobanya.

Makanan yang satu ini memiliki banyak jenis, mulai dari lawar kuwir yang isinya daging entok, lawar ayam, dan lawar babi. Selain itu, ada juga lawar merah dan lawar putih yang bisa Anda cicipi saat datang ke Bali.

Nasi Campur


Nasi campur Bali Makanan khas Bali selanjutnya yang bisa Anda cicipi yaitu nasi campur. Seperti namanya, sudah pasti makanan ini terdiri dari berbagai bahan utama mulai dari nasi putih, sate lilit khas Bali, ayam suwir dengan bumbu Basa Genep Bali, urap, lawar ayam, sambal matah dan sambel embe. Makanan ini memiliki cita rasa yang sedap yang pastinya akan membuat nafsu makan Anda meningkat.

Selain makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas, Bali masih punya banyakk kuliner lainnya yang tak kalah populer. Di lain kesempatan akan kita bahas lagi, ya. Sampai jumpa dan selamat menikmati liburan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Wisata di Sibolga yang Paling Rekomended

Kota Sibolga yang dikenal dengan julukan kota ikan, berada di provinsi Sumatera Utara. Letak kota ini berapa di pantai Barat pulau Sumatera, yang membujur sepanjang pantai dari Utara ke Selatan dan berada di kawasan Teluk Tapian Nauli. Jarak kota Medan ke Sibolga kurang lebih 350 km, atau sekitar 8 jam perjalanan darat. Kota Sibolga memiliki banyak destinasi wisata dan menjadi salah satu tempat wisata terdekat dari kota medan. Bagi kamu yang hobi travelling dan staycation, 10 tempat wisata di Sibolga berikut ini menjadi rekomendasi dan wajib sobat travelling kunjungi. Berikut ke 10 tempat wisata di Sibolga yang paling rekomended. 1. Pulau Mursala Jika kamu masih ingat film Hollywod yang berjudul “Kingkong”, lokasi syuting yang digunakan berada di pulau Mursala ini. Selain keindahan airnya, pulau Mursala Sibolga juga menawarkan sisi lain yang ada di pulau ini. Adanya air terjun yang airnya langsung jatuh ke laut, menambah nilai plus pulau ini. Walau secara pembagian wilayah NKRI, pula

Daya Tarik Wisata Pulau Pandang Batubara

Hai Sobat Traveling, apa kamu sudah pernah berkunjung ke Sumatera Utara? Jika sudah, tempat wisata mana saja yang sudah kamu kunjungi? Mungkin beberapa dari sobat Traveling masih belum pernah ke Sumatera dan beberapa sudah pernah namun belum mengunjungi semua tempat wisata di Sumatera Utara. Provinsi Sumatera terkenal dengan tempat wisatanya yang keren dan rekomended untuk di kunjungi. Mulai dari wisata gunung, wisata air, wisata pulau dan masih banyak lagi yang bisa kamu jumpai. Salah satu tempat wisata Sumatera Utara yang menghasilkan foto estetik adalah Pulau Pandang Batubara. Masih banyak yang belum mengetahui tempat wisata yang satu ini, oleh karena itu sobat Traveling akan berbagi informasi untuk kalian semua. Pulau Pandang Pulau Pandang adalah salah satu pulau kecil yang terletak disebelah utara Kecamatan Tanjung Tiram dan berada di Selat Malaka, lepas pantai Sumatera, sekitar 47 km dari Tanjung Balai dan 10 km dari selatan Pulau Salahnamo. Pulau Pandang masih masuk dalam wilaya

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah barat Pulau Sumatera, serta berada di tengah-tengah Samudera Hindia. Secara letak geografis, Pulau Nias terletak di garis 0’12’-0’32’ Lintang Utara (LU) dan 97’-98’ Bujur Timur (BT) dekat dengan garis K