Langsung ke konten utama

Pesona Keindahan Danau Kelimutu

  Danau Kelimutu atau Tiwu Kelimutu merupakan tempat wisata yang memberikan pengalaman wisata seru dan menyenangkan ketika anda berada di Woloara, Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Danau ini dibagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna - warna yang ada di dalamnya. Sudah bukan hal baru lagi bahwa kawasan Nusa Tenggara Timur menyimpan banyak sekali potensi wisata yang menarik. Mulai dari wisata pantainya yang indah hingga aneka kawasan pemandangan yang begitu menawan. Salah satu tempat wisata yang paling banyak diminati pecinta wisata adalah Danau Kelimutu atau Tiwu Kelimutu yang memberikan pengalaman wisata seru dan menyenangkan. Bagi pecinta wisata yang berkunjung ke Flores maka tidak ada salahnya anda mengunjungi wisata menarik Danau Kelimutu. Tempat wisata ini sering disebut dengan Danau Tiga Warna. Bukan hanya populer sebagai tempat wisata di dalam negeri saja, namun danau ini juga menarik hati para wisatawan luar negeri. Daya Tarik Danau Kelimutu : 1. Sang monyet

Makanan Khas Yogyakarta

 

Berkunjung ke Yogyakarta rasanya tak lengkap tanpa menyantap kuliner khas yang menggugah selera.

Selain itu, ada banyak sekali pilihan kuliner khas Jogja yang belum tentu kamu dapati di tempat lain. Yuk, lihat daftarnya dan segera beli makanan yang paling kamu suka:

1. Gudeg

Gudeg merupakan salah satu makanan khas Jogja yang sangat terkenal di Indonesia. Saking terkenalnya makanan ini, Jogja bahkan sampai dijuluki sebagai Kota Gudeg.

Berbahan dasar nangka muda, di masak dengan berbagai bumbu dan santan hingga menghasilkan rasa yang legit dan gurih. Biasanya, hidangan satu ini akan disajikan dengan beberapa sayuran lain, seperti krecek atau opor ayam.

Gudeg pun terbagi 2 ada gudeg kering dan ada gudeg basah. Yang membedakan hanya cara memasaknya yang membuat kuah habis atau masih menyisakan kuah.

2. Sate Klatak

Saat mendengar nama makanan yang satu ini, beberapa orang mungkin menduga jika katak menjadi bahan untuk pembuatannya. Tapi nggak usah khawatir, sate ini dibuat dengan bahan utama daging kambing, kok.

Yang unik adalah tusukan yang dipakai untuk membuat sate ini bukan dari kayu, melainkan besi yang digunakan sebagai jari-jari sepeda. 

Tusuk besi berfungsi sebagai konduktor panas dan membantu daging matang secara merata dari dalam.

3. Nasi Tiwul

Tiwul merupakan makanan khas Jogja yang sering dijadikan pengganti beras oleh penduduk Trenggalek, Wonosobo, Gunungkidul, Wonogiri, Pacitan dan Blitar

Bahan utama untuk membuat panganan ini adalah tepung singkong atau gaplek.

enyajiannya bisanya ditambah sayur urapan, ikan asin dan sambal. Namun, ada juga sajian tiwul dengan gula jawa dan kelapa muda parut.

4. Oseng-oseng Mercon

Oseng-oseng Mercon adalah makan khas Jogja yang wajib dicoba oleh pecinta pedas. Bahan utamanya yakni daging sapi yang dimasak dengan sambal yang sangat banyak.

Oseng mercon tidak bisa dimakan sendirian karena rasa pedasnya dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan tubuh, sehingga penyajiannya harus ditemani dengan nasi putih.

5. Brongkos

Jogja terkenal dengan beragam kulinernya, salah satu masakan khasnya adalah Brongkos. Makanan dengan kuah yang pekat ini banyak yang mengatakan mirip dengan rawon, padahal keduanya sangat berbeda.

Brongkos mengggunakan potongan daging sebagai bahan utama dan dilengkapi kacang tolo, tempe tahu dan telur ayam. Rasanya yang penuh rempah dan agak pedas membuat makanan ini sangat menggugah selera, dan akan semakin nikmat jika dimakan dengan nasi hangat.

6. Mie Lethek

Jogja juga panganan tradisional yang menggunakan bahan mie, yaitu Mie Lethek.

Mie Lethek biasanya diolah menjadi mie rebus atau mie goreng. Menu ini biasanya disajikan bersama telur bebek atau telur ayam kampung, suwiran ayam, dan sejumlah sayuran. Makanan ini dapat dimakan sebagai campuran nasi agar lebih kenyang.

Info menarik yang harus kamu tahu, Mie Lethek khas Yogyakarta sudah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sejak tahun 2018, loh.

7. Belalang Goreng

Kuliner Jogja selanjutnya yang wajib dicoba adalah belalang goreng. Meski terbilang cukup ekstrim, tapi makanan yang satu ini punya rasa yang bakalan buat kamu ketagihan. Pasalnya serangga ini memiliki cita rasa yang gurih, renyah dan kenyal.

Belalang yang digunakan untuk membuat makanan ini hanya belalang kayu yang berwarna coklat, sebab belalang jenis ini punya citara rasa yang unik.

Sayangnya, Belalang Goreng ini termasuk makanan musiman, karena belalang hanya banyak dijumpai saat musim penghujan seperti saat ini, yaitu antara bulan Januari hingga Mei.

Tertarik untuk mencoba Belalang Goreng ini? Kalau kamu jijik untuk mencobanya, maka nikmati saja makanan-makanan lain yang ada dalam daftar rekomendasi ini. Selamat icip-icip makanan dan mengeyangkan perut di Jogja. Samai ketemu di lain waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Wisata di Sibolga yang Paling Rekomended

Kota Sibolga yang dikenal dengan julukan kota ikan, berada di provinsi Sumatera Utara. Letak kota ini berapa di pantai Barat pulau Sumatera, yang membujur sepanjang pantai dari Utara ke Selatan dan berada di kawasan Teluk Tapian Nauli. Jarak kota Medan ke Sibolga kurang lebih 350 km, atau sekitar 8 jam perjalanan darat. Kota Sibolga memiliki banyak destinasi wisata dan menjadi salah satu tempat wisata terdekat dari kota medan. Bagi kamu yang hobi travelling dan staycation, 10 tempat wisata di Sibolga berikut ini menjadi rekomendasi dan wajib sobat travelling kunjungi. Berikut ke 10 tempat wisata di Sibolga yang paling rekomended. 1. Pulau Mursala Jika kamu masih ingat film Hollywod yang berjudul “Kingkong”, lokasi syuting yang digunakan berada di pulau Mursala ini. Selain keindahan airnya, pulau Mursala Sibolga juga menawarkan sisi lain yang ada di pulau ini. Adanya air terjun yang airnya langsung jatuh ke laut, menambah nilai plus pulau ini. Walau secara pembagian wilayah NKRI, pula

Daya Tarik Wisata Pulau Pandang Batubara

Hai Sobat Traveling, apa kamu sudah pernah berkunjung ke Sumatera Utara? Jika sudah, tempat wisata mana saja yang sudah kamu kunjungi? Mungkin beberapa dari sobat Traveling masih belum pernah ke Sumatera dan beberapa sudah pernah namun belum mengunjungi semua tempat wisata di Sumatera Utara. Provinsi Sumatera terkenal dengan tempat wisatanya yang keren dan rekomended untuk di kunjungi. Mulai dari wisata gunung, wisata air, wisata pulau dan masih banyak lagi yang bisa kamu jumpai. Salah satu tempat wisata Sumatera Utara yang menghasilkan foto estetik adalah Pulau Pandang Batubara. Masih banyak yang belum mengetahui tempat wisata yang satu ini, oleh karena itu sobat Traveling akan berbagi informasi untuk kalian semua. Pulau Pandang Pulau Pandang adalah salah satu pulau kecil yang terletak disebelah utara Kecamatan Tanjung Tiram dan berada di Selat Malaka, lepas pantai Sumatera, sekitar 47 km dari Tanjung Balai dan 10 km dari selatan Pulau Salahnamo. Pulau Pandang masih masuk dalam wilaya

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah barat Pulau Sumatera, serta berada di tengah-tengah Samudera Hindia. Secara letak geografis, Pulau Nias terletak di garis 0’12’-0’32’ Lintang Utara (LU) dan 97’-98’ Bujur Timur (BT) dekat dengan garis K