Langsung ke konten utama

7 Tempat Wisata di Kota Pariaman, Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi

Pariaman adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota ini memiliki beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi.  Berikut adalah tujuh tempat wisata di kota Pariaman yang patut untuk dikunjungi: 1. Pantai Gandoriah Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan ombak yang tenang.  Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah sambil bersantai atau bermain di tepi pantai. 2. Pantai Kata Pantai Kata menawarkan pesona alam yang memesona dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.  Pantai ini cocok untuk berbagai aktivitas, seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai. 3. Danau Singkarak Meskipun tidak terletak langsung di Kota Pariaman, Danau Singkarak merupakan objek wisata terkenal di sekitar Sumatra Barat.  Danau ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dan pengunjung dapat menikmati perjalanan di sekitar danau atau menikmati makanan khas daerah. 4. Pusat Kebudayaan Tabuik Pusat Kebudayaan Tabuik merupakan

Makanan Khas Yogyakarta

 

Berkunjung ke Yogyakarta rasanya tak lengkap tanpa menyantap kuliner khas yang menggugah selera.

Selain itu, ada banyak sekali pilihan kuliner khas Jogja yang belum tentu kamu dapati di tempat lain. Yuk, lihat daftarnya dan segera beli makanan yang paling kamu suka:

1. Gudeg

Gudeg merupakan salah satu makanan khas Jogja yang sangat terkenal di Indonesia. Saking terkenalnya makanan ini, Jogja bahkan sampai dijuluki sebagai Kota Gudeg.

Berbahan dasar nangka muda, di masak dengan berbagai bumbu dan santan hingga menghasilkan rasa yang legit dan gurih. Biasanya, hidangan satu ini akan disajikan dengan beberapa sayuran lain, seperti krecek atau opor ayam.

Gudeg pun terbagi 2 ada gudeg kering dan ada gudeg basah. Yang membedakan hanya cara memasaknya yang membuat kuah habis atau masih menyisakan kuah.

2. Sate Klatak

Saat mendengar nama makanan yang satu ini, beberapa orang mungkin menduga jika katak menjadi bahan untuk pembuatannya. Tapi nggak usah khawatir, sate ini dibuat dengan bahan utama daging kambing, kok.

Yang unik adalah tusukan yang dipakai untuk membuat sate ini bukan dari kayu, melainkan besi yang digunakan sebagai jari-jari sepeda. 

Tusuk besi berfungsi sebagai konduktor panas dan membantu daging matang secara merata dari dalam.

3. Nasi Tiwul

Tiwul merupakan makanan khas Jogja yang sering dijadikan pengganti beras oleh penduduk Trenggalek, Wonosobo, Gunungkidul, Wonogiri, Pacitan dan Blitar

Bahan utama untuk membuat panganan ini adalah tepung singkong atau gaplek.

enyajiannya bisanya ditambah sayur urapan, ikan asin dan sambal. Namun, ada juga sajian tiwul dengan gula jawa dan kelapa muda parut.

4. Oseng-oseng Mercon

Oseng-oseng Mercon adalah makan khas Jogja yang wajib dicoba oleh pecinta pedas. Bahan utamanya yakni daging sapi yang dimasak dengan sambal yang sangat banyak.

Oseng mercon tidak bisa dimakan sendirian karena rasa pedasnya dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan tubuh, sehingga penyajiannya harus ditemani dengan nasi putih.

5. Brongkos

Jogja terkenal dengan beragam kulinernya, salah satu masakan khasnya adalah Brongkos. Makanan dengan kuah yang pekat ini banyak yang mengatakan mirip dengan rawon, padahal keduanya sangat berbeda.

Brongkos mengggunakan potongan daging sebagai bahan utama dan dilengkapi kacang tolo, tempe tahu dan telur ayam. Rasanya yang penuh rempah dan agak pedas membuat makanan ini sangat menggugah selera, dan akan semakin nikmat jika dimakan dengan nasi hangat.

6. Mie Lethek

Jogja juga panganan tradisional yang menggunakan bahan mie, yaitu Mie Lethek.

Mie Lethek biasanya diolah menjadi mie rebus atau mie goreng. Menu ini biasanya disajikan bersama telur bebek atau telur ayam kampung, suwiran ayam, dan sejumlah sayuran. Makanan ini dapat dimakan sebagai campuran nasi agar lebih kenyang.

Info menarik yang harus kamu tahu, Mie Lethek khas Yogyakarta sudah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sejak tahun 2018, loh.

7. Belalang Goreng

Kuliner Jogja selanjutnya yang wajib dicoba adalah belalang goreng. Meski terbilang cukup ekstrim, tapi makanan yang satu ini punya rasa yang bakalan buat kamu ketagihan. Pasalnya serangga ini memiliki cita rasa yang gurih, renyah dan kenyal.

Belalang yang digunakan untuk membuat makanan ini hanya belalang kayu yang berwarna coklat, sebab belalang jenis ini punya citara rasa yang unik.

Sayangnya, Belalang Goreng ini termasuk makanan musiman, karena belalang hanya banyak dijumpai saat musim penghujan seperti saat ini, yaitu antara bulan Januari hingga Mei.

Tertarik untuk mencoba Belalang Goreng ini? Kalau kamu jijik untuk mencobanya, maka nikmati saja makanan-makanan lain yang ada dalam daftar rekomendasi ini. Selamat icip-icip makanan dan mengeyangkan perut di Jogja. Samai ketemu di lain waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Wisata Hutan Mangrove di Indonesia, Seru Jalan Bareng Sahabat

  Tempat wisata hutan mangrove di Indonesia sering disebut sebagai hutan bakau yang ditumbuhi sepanjang pesisir pantai, muara sungai, dan terdapat rawa gambut. Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yaitu untuk penduduk yang tinggal di daerah dekat pantai, mencegah terjadinya abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut menuju daratan. Hutan mangrove di Indonesia banyak terdapat di daerah pesisir Indonesia. Wisata hutan mangrove menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Pengunjung yang datang kesini bisa menyusuri sungai dan membelah hutan bakau. Berikut terdapat 5 fungsi ekologis dari hutan mangrove yang ada di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk wisata alam. 1.  Taman Wisata Alam Angke Kapuk, DKI Jakarta Mangrove adalah sekumpulan pohon yang tumbuh di area sekitar garis pantai dan dipengaruhi pasang surut air laut. Taman wisata alam Angke Kapuk, DKI Jakarta merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pohon mangrove. Taman wisata alam Angke Kapuk ini ber

Keajaiban Pasir Timbul Raja Ampat: Pesona Alam yang Tersembunyi

Raja Ampat selalu menampilkan pesona alam yang memukau. Di sana, kita dapat menyaksikan bukan hanya keindahan bawah laut saja, melainkan juga pemandangan yang menyerupai lukisan alam yang menakjubkan. Kemunculan Pasir Timbul Raja Ampat merupakan salah satu fenomena alam yang luar biasa dan menawarkan pesona alam yang memukau bagi para wisatawan. Raja Ampat, yang terdiri dari serangkaian empat gugusan pulau, seperti permata yang berkilau bagi Indonesia. Keindahannya sungguh luar biasa, dengan alam yang masih alami dan bersih. Salah satu hal yang paling mempesona adalah keberadaan Pasir Timbul. Namun, apa yang membuat tempat ini begitu istimewa? 4 Hal yang Membuat Pasir Timbul Raja Ampat Layak Dikunjungi Ketika Anda merencanakan liburan ke Raja Ampat, sangat disarankan untuk memasukkan Pasir Timbul dalam daftar tempat yang ingin Anda kunjungi. Ada beberapa alasan kuat mengapa hal ini perlu dilakukan. 1. Fenomena Alam yang Memukau Pasir Timbul adalah hamparan daratan yang mu

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Saat jalan-jalan ke pulau Nias, kamu jangan ketinggal earphone atau alat pemutar musik ya, karena perjalanan ini cukup jauh dan sangat enak apabila sembari mendengarkan musik atau lagu chord runtah. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah bar