Langsung ke konten utama

7 Tempat Wisata di Kota Pariaman, Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi

Pariaman adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota ini memiliki beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi.  Berikut adalah tujuh tempat wisata di kota Pariaman yang patut untuk dikunjungi: 1. Pantai Gandoriah Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan ombak yang tenang.  Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah sambil bersantai atau bermain di tepi pantai. 2. Pantai Kata Pantai Kata menawarkan pesona alam yang memesona dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.  Pantai ini cocok untuk berbagai aktivitas, seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai. 3. Danau Singkarak Meskipun tidak terletak langsung di Kota Pariaman, Danau Singkarak merupakan objek wisata terkenal di sekitar Sumatra Barat.  Danau ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dan pengunjung dapat menikmati perjalanan di sekitar danau atau menikmati makanan khas daerah. 4. Pusat Kebudayaan Tabuik Pusat Kebudayaan Tabuik merupakan

Pura Terindah di Bali Cocok Jadi Tujuan Wisata

Bali menjadi salah satu tujuan wisata terfavorit di Indonesia menawarkan berbagai destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.

Meski terkenal dengan keindahan pantainya, Bali menyimpan beragam wisata lainnya yang dapat membuat liburan menjadi semakin bermakna, salah satunya wisata religi.

Kerap disebut sebagai Pulau Dewata, Bali ternyata punya julukan lainnya, yaitu Pulau Seribu Pura. Julukan tersebut disematkan karena banyaknya pura yang ada di Bali.

Keberadaan Pura di pulau ini tentu saja tidak terlepas dari agama Hindu yang dianut oleh mayoritas masyarakat asli Bali.

Pura yang digunakan sebagai tempat beribadah ini dibangun dengan arsitektur yang khas dan unik, sehingga menjadi daya tarik wisata.

Waktu terbaik liburan ke objek wisata pura yaitu pada saat sedang ada upacara agama. Karena selain keindahan pura, anda juga akan melihat proses ritual agama Hindu di Bali. Selain itu, saat sedang ada upacara, pura akan di hiasi banyak ornamen keagamaan yang tidak anda lihat jika tidak ada upacara.

Namun karena pura adalah tempat ibadah, pengunjung yang ingin berwisata harus bersikap sopan dan mengenakan pakaian tertutup.

Lantas, pura mana saja yang wajib dikunjungi jika sedang berada di Bali? Berikut rekomendasinya:

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot merupakan salah satu pura paling terkenal di Bali dan menjadi destinasi wisata pura paling populer. Pura yang terletak di desa Beraban, Kabupaten Tabanan ini memiliki keindahan yang tak diragukan.

Pura Tanah Lot dibangun megah di atas batu karang di area lepas pantai sehingga hanya bisa dikunjungi saat air laut surut. Ketika air laut pasang, Pura akan dikelilingi air laut, sehingga memberi kesan bak berada di tengah lautan.

Pura ini merupakan peninggalan sejarah dari jaman Bali kuno, sehingga mempunyai arsitektur yang sangat unik. Selain itu, pemandangan sore hari dari tempat beribadah ini sangat menakjubkan. Sunset yang eksotis akan menjadi penutup hari yang menakjubkan di Bali.

Pura Lempuyang Luhur


Pura indah selanjutnya yang ada di Bali adalah Pura Lempuyang Luhur yang merupakan pura yang diperkirakan di bangun pada abad ke-8, sebagai persembahan kepada Dewa Sang Hyang Widi Wasa.

Degan latar belakang Gunung Agung, pura bersejarah ini menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Bali.

Berdiri di ketinggian 1.175 meter di atas permukaan laut, pengunjung dapat menyaksikan keindahan dan kemegahan Gunung Agung dengan sempurna spot tersebut dikenal sebagai “Gate of Heaven” atau gerbang surga oleh wisatawan.

Pura Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Pura Uluwatu adalah salah satu dari enam Pura Sad Kahyangan atau penyangga poros mata angin pulau Bali.

Nama Uluwatu ini diambil dari bahasa sanskerta yang berarti puncak batu karang. Hal ini merujuk pada lokasi pura yang terletak di atas sebuah bukit karang dengan ketinggian 97 mdpl.

Bila datang pada sore hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dan menatap langsung ke Samudra Hindia yang indah.

Pura Tirta Empul

Tirta Empul adalah nama sebuah pura Hindu yang terletak di desa Manukaya, kecamatan Tampak Siring, kabupaten Gianyar Bali. Pura ini telah masuk dalam daftar Warisan Budaya Indonesia.

Pura Tirta Empul memiliki kolam yang airnya berasal dari mata air alami. Bagi masyarakat Bali pemeluk agama Hindu, air dari pancuran di pura Tirta Empul digunakan untuk ritual melukat, yaitu mandi dari air suci yang diyakini akan membawa kesucian, ketenangan serta keberuntungan.

Pura Besakih

Pura Besakih yang merupakan pura terbesar di bali ini terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Pura yang dijuluki sebagai Mother Temple ini berada di sekitar 3000 kaki di atas Gunung Agung.

Pura ini juga dianggap sebagai pura paling suci di antara semua pura di Bali. Sehingga Pura Besakih menjadi pusat dari seluruh rangkaian keagamaan umat Hindu di Bali. Lokasinya yang strategis dengan pemandangan alam menjadikan tempat ini juga sebagai tempat wisata.

Puranya sangat indah, ya. Pantas saja menjadi destinasi wisata favorit. Sudah pernah mengunjungi salah satu diantara pura yang disebutkan diatas?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Wisata Hutan Mangrove di Indonesia, Seru Jalan Bareng Sahabat

  Tempat wisata hutan mangrove di Indonesia sering disebut sebagai hutan bakau yang ditumbuhi sepanjang pesisir pantai, muara sungai, dan terdapat rawa gambut. Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yaitu untuk penduduk yang tinggal di daerah dekat pantai, mencegah terjadinya abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut menuju daratan. Hutan mangrove di Indonesia banyak terdapat di daerah pesisir Indonesia. Wisata hutan mangrove menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Pengunjung yang datang kesini bisa menyusuri sungai dan membelah hutan bakau. Berikut terdapat 5 fungsi ekologis dari hutan mangrove yang ada di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk wisata alam. 1.  Taman Wisata Alam Angke Kapuk, DKI Jakarta Mangrove adalah sekumpulan pohon yang tumbuh di area sekitar garis pantai dan dipengaruhi pasang surut air laut. Taman wisata alam Angke Kapuk, DKI Jakarta merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pohon mangrove. Taman wisata alam Angke Kapuk ini ber

Keajaiban Pasir Timbul Raja Ampat: Pesona Alam yang Tersembunyi

Raja Ampat selalu menampilkan pesona alam yang memukau. Di sana, kita dapat menyaksikan bukan hanya keindahan bawah laut saja, melainkan juga pemandangan yang menyerupai lukisan alam yang menakjubkan. Kemunculan Pasir Timbul Raja Ampat merupakan salah satu fenomena alam yang luar biasa dan menawarkan pesona alam yang memukau bagi para wisatawan. Raja Ampat, yang terdiri dari serangkaian empat gugusan pulau, seperti permata yang berkilau bagi Indonesia. Keindahannya sungguh luar biasa, dengan alam yang masih alami dan bersih. Salah satu hal yang paling mempesona adalah keberadaan Pasir Timbul. Namun, apa yang membuat tempat ini begitu istimewa? 4 Hal yang Membuat Pasir Timbul Raja Ampat Layak Dikunjungi Ketika Anda merencanakan liburan ke Raja Ampat, sangat disarankan untuk memasukkan Pasir Timbul dalam daftar tempat yang ingin Anda kunjungi. Ada beberapa alasan kuat mengapa hal ini perlu dilakukan. 1. Fenomena Alam yang Memukau Pasir Timbul adalah hamparan daratan yang mu

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Saat jalan-jalan ke pulau Nias, kamu jangan ketinggal earphone atau alat pemutar musik ya, karena perjalanan ini cukup jauh dan sangat enak apabila sembari mendengarkan musik atau lagu chord runtah. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah bar