Langsung ke konten utama

7 Tempat Wisata di Kota Pariaman, Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi

Pariaman adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota ini memiliki beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi.  Berikut adalah tujuh tempat wisata di kota Pariaman yang patut untuk dikunjungi: 1. Pantai Gandoriah Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan ombak yang tenang.  Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah sambil bersantai atau bermain di tepi pantai. 2. Pantai Kata Pantai Kata menawarkan pesona alam yang memesona dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.  Pantai ini cocok untuk berbagai aktivitas, seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai. 3. Danau Singkarak Meskipun tidak terletak langsung di Kota Pariaman, Danau Singkarak merupakan objek wisata terkenal di sekitar Sumatra Barat.  Danau ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dan pengunjung dapat menikmati perjalanan di sekitar danau atau menikmati makanan khas daerah. 4. Pusat Kebudayaan Tabuik Pusat Kebudayaan Tabuik merupakan

7 Destinasi Wisata di Pulau Papua

 

Indonesia bagian timur memang juara soal urusan alam dan budaya. Tak sedikit tempat wisata yang indah dimiliki oleh Papua. Demi menjaga keasrian alamnya, papua mempunyai taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Taman tersebut bernama Taman Nasional Lorentz. lorentz adalah salah satu destinasi wisata andalan papua.

Masih banyak lokasi-lokasi yang diburu wisatawan, berikut beberapa destinasi yang ada di papua :

1. Danau Sentani


Danau Sentani adalah danau terbesar di Papua yang memiliki panorama fantasi dan jadi kebanggan masyarakat lokal. Danau Sentai terletak di Kabupaten Jayapura, danau dengan luas 9.360 hektare ini merupakan sumber air dari 14 sungai besar dan sungai kecil. Tak hanya itu, danau ini pun juara dalam produksi ikannya yang bisa mencapai 1.823 ton/tahun.

Dengan bentuk danau yang unik seperti amoeba, terdapat 22 pulau kecil yang menghiasi keindahan danau. Enggak heran lagi, kalau Danau Sentani jadi lokasi wisata favorit yang ramai dikunjungi wisatawan.

2. Pantai Base-G

papua juga mempunyai pantai yang canktiknya bak lukisan. Nama pantainya adalah pantai Base-G yang terletak di kota Jayapura. Asal mula nama pantai ini berawal dari pasukan sekutu di Perang Dunia II yang menjadikan pantai ini sebagai sebagai basis militer. Nama lain dari pantai ini adalah Pantai Tanjung Ria.

Pesona pantai ini akan membuat anda dijamin merasa rileks karena deburan ombak pantai yang merdu dan tidak terlalu besar. Selain itu, pasir putih yang terbentang secara menyeluruh bikin spot foto yang indah. 
Jangan lupa singga ke pantai ini jika kalian ke papua ya.

3. Taman Nasional Wasur

Jalan-jalan ke Papua belum lengkap rasanya kalau belum bertemu fauna unik seperti burung kasuari. Papua kaya akan flora dan fauna bisa ditemui di Taman Nasional Wasur yang terletak di Kabupaten Merauke. Luas lahan sebesar 413.810 hektar, taman ini juga memiliki hutan sabana terluas di Indonesia, bahkan di Asia. Kebanyakan fauna yang ada di taman ini fauna jenis migran yang tinggal di enam ekosistem yang berbeda.

4. Taman Nasional Lorentz

Enggak kalah menariknya, Taman yang satu ini memiliki kemegahan terbesar di Asia Tenggara dan diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNIESCO. Luas nya adalah 2.505.600 hektar, lahan taman ini menempati 10 kabupaten di Papua. Tidak heran, pintu masuk taman nasional ini ada tiga kota berbeda, yaitu Timika, Wamena, dan Enarotali.

Tidak hanya itu, Taman Nasional Lorentz ini juga merupakan kawasan konservasi terluas dengan ekosistem terlengkap di Asia Pasifik. Fauna khasnya adalah cendrawasih ekor panjang, puyuh salju, dan kanguru pohon dingiso. Sepertinya, jika kesana harus singga ketaman ini lalu berkenalan dengan aneka hewan yang ada disana.

5. Lembah Baliem

Sudah menjadi pengetahuan umum, jika Pegunungan Jayawijaya adalah guning tertinggi di Indonesia. Jika kalian pecinta gunung coba singga ke pengunungan Jayawijaya. Pengunungan  Jayawijaya ini memiliki jarak 27 Km dari Kota Wamena, Papua. Di lembah yang luasnya mencapai 1.600 km2 tersebut, terdapat 3 suku utama yang menempati, yaitu Suku Dani, Yali, dan Lani.

Udaranya yang sejuk dan Panorama yang bikin segar dimata, daya tarik destinasi ini merupakan rumah tradisional serta kebudayaan yang masih kental diantara masyarakat suku aslinya. yang lebih menariknya lagi, disini ada festival budaya yang terkenal, yaitu Festival Lembah Baliem.

6. Air Terjun Wafsarak

Air Terjun Wafsarak yang terletak di Biak Utara, Papua Barat. Panorama air terjun yang tingginya mencapai 10 meter ini seperti tempat pelepas penat di tengah hutan yang asri. Suara deras air terjun pun bisa anda dengar dari pinggir jalan. Karena lokasinya yang mudah diakses. Air terjun di kolam ini sangat jernih sehingga cocok untuk berenang dan bermain air bersama keluarga dan teman-teman.

7. Raja Ampat

Siapa yang tak kenal jagoan wisatanya Papua Barat sang Raja Ampat. beberapa pulau bak kura-kura yang menghiasi lautan Raja Ampat serta cantiknya Taman bawah laut yang mengagumkan, popularitas destinasi wisata ini sukses mendunia!

berlokasi di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Luas Kepulauan Raja Ampat mencapai 4,6 juta hektar. Area ini 75% menjadi rumah spesies laut di dunia, hingga mendapatkan julukan Surga bawah laut. Tidak salah lagi Raja Ampat memang pantas menjadi destinasi wisata yang pertama dikunjungi jika berlibur ke Papua.

Nah, itu tadi beberapa Destinasi Wisata yang ada di Papua dan Papua Barat yang wajib kalian kunjungi, daripada hanya main game saja. Tanah Papua memang kelestarian alamnya sangat terjaga serta kebudayaannya yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Semoga Artikel ini menginspirasi kalian diluar sana ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Wisata Hutan Mangrove di Indonesia, Seru Jalan Bareng Sahabat

  Tempat wisata hutan mangrove di Indonesia sering disebut sebagai hutan bakau yang ditumbuhi sepanjang pesisir pantai, muara sungai, dan terdapat rawa gambut. Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yaitu untuk penduduk yang tinggal di daerah dekat pantai, mencegah terjadinya abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut menuju daratan. Hutan mangrove di Indonesia banyak terdapat di daerah pesisir Indonesia. Wisata hutan mangrove menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Pengunjung yang datang kesini bisa menyusuri sungai dan membelah hutan bakau. Berikut terdapat 5 fungsi ekologis dari hutan mangrove yang ada di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk wisata alam. 1.  Taman Wisata Alam Angke Kapuk, DKI Jakarta Mangrove adalah sekumpulan pohon yang tumbuh di area sekitar garis pantai dan dipengaruhi pasang surut air laut. Taman wisata alam Angke Kapuk, DKI Jakarta merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pohon mangrove. Taman wisata alam Angke Kapuk ini ber

Keajaiban Pasir Timbul Raja Ampat: Pesona Alam yang Tersembunyi

Raja Ampat selalu menampilkan pesona alam yang memukau. Di sana, kita dapat menyaksikan bukan hanya keindahan bawah laut saja, melainkan juga pemandangan yang menyerupai lukisan alam yang menakjubkan. Kemunculan Pasir Timbul Raja Ampat merupakan salah satu fenomena alam yang luar biasa dan menawarkan pesona alam yang memukau bagi para wisatawan. Raja Ampat, yang terdiri dari serangkaian empat gugusan pulau, seperti permata yang berkilau bagi Indonesia. Keindahannya sungguh luar biasa, dengan alam yang masih alami dan bersih. Salah satu hal yang paling mempesona adalah keberadaan Pasir Timbul. Namun, apa yang membuat tempat ini begitu istimewa? 4 Hal yang Membuat Pasir Timbul Raja Ampat Layak Dikunjungi Ketika Anda merencanakan liburan ke Raja Ampat, sangat disarankan untuk memasukkan Pasir Timbul dalam daftar tempat yang ingin Anda kunjungi. Ada beberapa alasan kuat mengapa hal ini perlu dilakukan. 1. Fenomena Alam yang Memukau Pasir Timbul adalah hamparan daratan yang mu

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Saat jalan-jalan ke pulau Nias, kamu jangan ketinggal earphone atau alat pemutar musik ya, karena perjalanan ini cukup jauh dan sangat enak apabila sembari mendengarkan musik atau lagu chord runtah. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah bar