Langsung ke konten utama

Pesona Keindahan Danau Kelimutu

  Danau Kelimutu atau Tiwu Kelimutu merupakan tempat wisata yang memberikan pengalaman wisata seru dan menyenangkan ketika anda berada di Woloara, Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Danau ini dibagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna - warna yang ada di dalamnya. Sudah bukan hal baru lagi bahwa kawasan Nusa Tenggara Timur menyimpan banyak sekali potensi wisata yang menarik. Mulai dari wisata pantainya yang indah hingga aneka kawasan pemandangan yang begitu menawan. Salah satu tempat wisata yang paling banyak diminati pecinta wisata adalah Danau Kelimutu atau Tiwu Kelimutu yang memberikan pengalaman wisata seru dan menyenangkan. Bagi pecinta wisata yang berkunjung ke Flores maka tidak ada salahnya anda mengunjungi wisata menarik Danau Kelimutu. Tempat wisata ini sering disebut dengan Danau Tiga Warna. Bukan hanya populer sebagai tempat wisata di dalam negeri saja, namun danau ini juga menarik hati para wisatawan luar negeri. Daya Tarik Danau Kelimutu : 1. Sang monyet

HUT RI ke 77, Berikut Ini Beberapa Destinasi Sejarah yang Menarik untuk Dikunjungi

 


Tepat hari ini, Rabu (17/8/2022), Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun ke 77. Setelah dua tahun terjebak pandemi Covid-19, tahun ini Dirgahayu Indonesia sudah dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan menarik.

Biasanya saat perayaan 17 Agustus, ada berbagai aktivitas seru yang dilakukan di setiap daerah, setelah menyaksikan paskibraka mengibarkan bendera di upacara kemerdekaan. Misalnya lomba panjat pinang, makan kerupuk, lari dalam karung, dan masih banyak lagi.

Jika Anda sedang mencari referensi kegiatan lainnya yang dapat dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan, maka salah satu aktivitas yang bisa Anda pilih adalah berkunjung ke tempat-tempat bersejarah yang berhubungan dengan kemerdekaan Indonesia.

Dengan mengunjungi tempat bersejarah, Anda dapat mengenang  perjuangan serta jasa pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Berikut ini adalah 5 tempat bersejarah yang cocok untuk dikunjungi di momen peringatan kemerdekaan ini:

Rumah Rengasdengklok


Rumah Rengasdengklok berada di Karawang, Jawa Barat merupakan salah satu tempat penting dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia.

Setelah kelompok pemuda mengetahui Jepang telah takluk kepada Amerika, mereka mendesak agar Soekarno dan Hatta segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Namun, Soekarno menolak desakan tersebut. Sehingga pada 16 Agustus kelompok pemuda menculik Soekarno dan Hatta dari Jakarta dan dibawa ke Rengasdengklok di Karawang.

Di sanalah kedua orang proklamator Indonesia ini disembunyikan agar mereka tidak terpengaruh dengan Jepang.

Rumah yang digunakan untuk menyembunyikan kedua tokoh penting tersebut adalah rumah milik Djiaw Kie Siong, seorang petani yang merupakan keturunan Tionghoa. Rumahnya tersebut dipilih karena tertutup rimbunan pohon dan tak mencolok.

Selama proses persiapan kemerdekaan ini, Soekarno dan Hatta menginap dua malam di rumah Djiauw Kie Siong tersebut, sebelum dibawa kembali ke Jakarta.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi


Dari Rengasdengklok, Soekarno, Hatta, dan kelompok pemuda kemudian bertolak ke Jakarta, menuju rumah seorang perwira Jepang bernama Laksamana Tadashi Maeda di Meiji Dori No. 1 untuk membahas lebih lanjut mengenai rencana kemerdekaan Indonesia.  Di rumah inilah naskah kemerdekaan Indonesia disusun.

Saat ini rumah tersebut telah menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Tugu Proklamasi


Tempat pertama yang dapat dikunjungi untuk mengenang perjuang untuk merebut kemerdekaan Indonesia adalah Tugu Proklamasi.

Tempat ini merupakan lokasi pertama kali naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta.

Di tugu yang terletak di bekas kediaman Soeharto tepatnya di Jl. Proklamasi (dulu disebut Jl. Pegangsaan Timur No. 56), Jakarta Pusat ini, pengunjung dapat melihat monumen dua patung Soekarno dan Hatta berukuran besar yang berdiri berdampingan. Kedua patung tersebut dibuat mirip dengan momen pembacaaan proklamasi pertama kali pada 17 Agustus 1945.

Monumen Nasional


Monumen Nasional merupakan monumen peringatan yang dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan Belanda.

Destinasi wisata yang terletak di Jl. Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat, bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 1961 lalu dan mulai dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975.  Pembangunannya dilakukan ketika Presiden Soeharto masih memimpin Indonesia.

Dengan tinggi 132 meter, Monas dibangun sebagai monumen peringatan atas perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemenangan dari penjajah.

Di lantai dasar Ikon kota Jakarta ini terdapat museum yang berisi koleksi diorama yang menampilkan sejarah Indonesia sejak masa pra-sejarah hingga orde baru dan juga naskah asli teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang disimpan dalam kotak kaca di Ruang Kemerdekaan.

Gedung Joang ‘45


Gedung Joeang 45 berada di daerah Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, merupakan salah satu tempat bersejarah yang berkaitan dengan perjuangan masyarakat Indonesia.

Bangunan ini dahulu adalah hotel milik L.C. Schomper yang telah diambil alih oleh pemuda Indonesia. Hotel tersebut kemudian digunakan sebagai kantor yang dikelola Gunseikanbu Sendenbu (Jawatan Propaganda Jepang).

Setelah proklamasi kemerdekaan tepatnya pada 18 Agustus, di gedung ini dibentuk Komite van aksi untuk mempertahankan kemerdekaan. Selanjutnya pada 22 Agustus 1945, gedung ini dijadikan markas pemuda, sehingga saat itu dikenal istilah pemuda Menteng 31.

Pada tahun 1974 Gedung Joang '45 diresmikan sebagai museum setelah sebelumnya dilakukan renovasi. Museum ini menyimpan banyak koleksi benda-benda peninggalan para pejuang Indonesia di masa perjuangan kemerdekaan RI. Antara lain berupa peralatan perang, atribut, bendera, petaka, replika, piagam, serta diorama peristiwa heroik di masa perang kemerdekaan.

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang sudah disebutkan di atas? Jangan lupa untuk mengabadikan momen kunjunganmu dengan kamera dan bagikan di media sosial.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Wisata di Sibolga yang Paling Rekomended

Kota Sibolga yang dikenal dengan julukan kota ikan, berada di provinsi Sumatera Utara. Letak kota ini berapa di pantai Barat pulau Sumatera, yang membujur sepanjang pantai dari Utara ke Selatan dan berada di kawasan Teluk Tapian Nauli. Jarak kota Medan ke Sibolga kurang lebih 350 km, atau sekitar 8 jam perjalanan darat. Kota Sibolga memiliki banyak destinasi wisata dan menjadi salah satu tempat wisata terdekat dari kota medan. Bagi kamu yang hobi travelling dan staycation, 10 tempat wisata di Sibolga berikut ini menjadi rekomendasi dan wajib sobat travelling kunjungi. Berikut ke 10 tempat wisata di Sibolga yang paling rekomended. 1. Pulau Mursala Jika kamu masih ingat film Hollywod yang berjudul “Kingkong”, lokasi syuting yang digunakan berada di pulau Mursala ini. Selain keindahan airnya, pulau Mursala Sibolga juga menawarkan sisi lain yang ada di pulau ini. Adanya air terjun yang airnya langsung jatuh ke laut, menambah nilai plus pulau ini. Walau secara pembagian wilayah NKRI, pula

Daya Tarik Wisata Pulau Pandang Batubara

Hai Sobat Traveling, apa kamu sudah pernah berkunjung ke Sumatera Utara? Jika sudah, tempat wisata mana saja yang sudah kamu kunjungi? Mungkin beberapa dari sobat Traveling masih belum pernah ke Sumatera dan beberapa sudah pernah namun belum mengunjungi semua tempat wisata di Sumatera Utara. Provinsi Sumatera terkenal dengan tempat wisatanya yang keren dan rekomended untuk di kunjungi. Mulai dari wisata gunung, wisata air, wisata pulau dan masih banyak lagi yang bisa kamu jumpai. Salah satu tempat wisata Sumatera Utara yang menghasilkan foto estetik adalah Pulau Pandang Batubara. Masih banyak yang belum mengetahui tempat wisata yang satu ini, oleh karena itu sobat Traveling akan berbagi informasi untuk kalian semua. Pulau Pandang Pulau Pandang adalah salah satu pulau kecil yang terletak disebelah utara Kecamatan Tanjung Tiram dan berada di Selat Malaka, lepas pantai Sumatera, sekitar 47 km dari Tanjung Balai dan 10 km dari selatan Pulau Salahnamo. Pulau Pandang masih masuk dalam wilaya

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah barat Pulau Sumatera, serta berada di tengah-tengah Samudera Hindia. Secara letak geografis, Pulau Nias terletak di garis 0’12’-0’32’ Lintang Utara (LU) dan 97’-98’ Bujur Timur (BT) dekat dengan garis K