Langsung ke konten utama

7 Tempat Wisata di Kota Pariaman, Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi

Pariaman adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota ini memiliki beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi.  Berikut adalah tujuh tempat wisata di kota Pariaman yang patut untuk dikunjungi: 1. Pantai Gandoriah Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan ombak yang tenang.  Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah sambil bersantai atau bermain di tepi pantai. 2. Pantai Kata Pantai Kata menawarkan pesona alam yang memesona dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.  Pantai ini cocok untuk berbagai aktivitas, seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai. 3. Danau Singkarak Meskipun tidak terletak langsung di Kota Pariaman, Danau Singkarak merupakan objek wisata terkenal di sekitar Sumatra Barat.  Danau ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dan pengunjung dapat menikmati perjalanan di sekitar danau atau menikmati makanan khas daerah. 4. Pusat Kebudayaan Tabuik Pusat Kebudayaan Tabuik merupakan

Kumpulan Destinasi di Pulau Wakatobi

 

Wakatobi menyimpan sejuta pesona wisata, mulai dari keindahan wisata bawah laut, wisata pantai, peninggalan bersejarah, hingga seni budaya. Setelah ditetapkan sebagai salah satu dari sepuluh destinasi wisata prioritas oleh pemerintah pusat, Wakatobi terus berbenah.

Pulau Wakatobi, yang terletak di sebelah tenggara Sulawesi, tepatnya di tengah Laut Banda, pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko (WaKaToBi). Menjadi surga bagi para pecinta diving, Wakatobi memiliki salah satu terumbu karang yang paling indah di Indonesia.

1. Taman Nasional Wakatobi

Surganya pecinta diving ini memiliki 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Tidak heran jika pariwisata bahari menjadi aktivitas wisata andalan di Taman Nasional Kepulauan Wakatobi. Bukan hanya gugusan karang dan beragam jenis ikan yang memenuhi bawah lautnya, namun Pulau Wakatobi memiliki 'tamu' setia yang menjadikan perairan di sana menjadi taman bermainnya, yaitu ikan paus sperma. Kawanan hewan ini biasanya mulai terlihat pada bulan November ketika perairan Wakatobi lebih hangat daripada laut di belahan bumi lain. Tak hanya itu, kita juga bisa menemukan ikan pari manta yang hanya ditemukan di perairan tropis. Dikelilingi pantai sepanjang 600 km, tempat wisata alam di Pulau Wakatobi ini memiliki potensi yang besar jika terus dijaga keberadaannya.

2.  Telaga Gua di Pulau Wangi-Wangi

Selain wisata bahari yang mengagumkan, Pulau Wakatobi juga memiliki sederet gua yang tidak kalah memikat hati. Telaga gua di salah satu pulau kecil bernama Wangi-Wangi menawarkan daya tariknya sendiri dengan airnya yang jernih dan bersih. Beberapa telaga gua yang terkenal adalah Air Gua Kontamale dan Air Gua Tee Kosapi. Kedua tempat ini bisa diakses dengan mobil atau motor sekitar 15 menit dari pusat kota Wanci, kecamatan Wangi-Wangi. Meskipun gua ini milik pemerintah daerah, namun penduduk sering memanfaatkan airnya sebagai sumber air. Bagi yang suka traveling, bisa menjelajahi luasnya gua ini yang di dalamnya terdapat mata air serta stalagmite dan stalactite menghiasi dinding-dinding gua. 

3. Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai di Pulau Wakatobi. Area yang memiliki luas 1.050 km persegi ini diisi oleh beragam vegetasi, mulai dari savana hingga hutan mangrove. Jika datang ke sana pada saat musim penghujan, maka bisa melihat hijaunya hamparan savana dengan background Gunung Watumohai. Bagi pecinta camping dan foto malam, disana bisa mengabadikan pemandangan tenda di atas perbukitan dengan hamparan bintang-bintang di langit sebagai latarnya. Anda juga dapat menjumpai beragam jenis burung di sana, seperti elang, maleo, dan kakatua kecil jambul kuning. Menjelajahi tempat ini pun bisa dilakukan dengan motor trail berkecepatan tinggi melalui lintasan dan gundukan tanah yang menantang.

4. Air Terjun Moramo

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter yang berupa air terjun berundak, dengan lebih dari 7 tingkatan utama dan 60 tingkatan kecil. Bisa berendam dan berenang di beberapa kolam alami di sana yang dilandasi oleh batuan granit. Pemandangannya pun terasa lebih spesial dengan warna-warna pelangi yang terpancar dari buih-buih air yang mengalir. Selain itu, daerah batuan kapur yang ada di sana menyembabkan dinding batunya tidak licin karena sulit ditumbuhi lumut, sehingga dapat memanjatnya. Wisata alam di Pulau Wakatobi ini bukan hanya menjadi salah satu air terjun terindah di Indonesia, namun juga merupakan kawasan yang memiliki kandungan marmer terbesar di dunia. Menarik, bukan?

Nah, itulah beberapa kumpulan destinasi di pulau wakatobi. 

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Wisata Hutan Mangrove di Indonesia, Seru Jalan Bareng Sahabat

  Tempat wisata hutan mangrove di Indonesia sering disebut sebagai hutan bakau yang ditumbuhi sepanjang pesisir pantai, muara sungai, dan terdapat rawa gambut. Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yaitu untuk penduduk yang tinggal di daerah dekat pantai, mencegah terjadinya abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut menuju daratan. Hutan mangrove di Indonesia banyak terdapat di daerah pesisir Indonesia. Wisata hutan mangrove menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Pengunjung yang datang kesini bisa menyusuri sungai dan membelah hutan bakau. Berikut terdapat 5 fungsi ekologis dari hutan mangrove yang ada di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk wisata alam. 1.  Taman Wisata Alam Angke Kapuk, DKI Jakarta Mangrove adalah sekumpulan pohon yang tumbuh di area sekitar garis pantai dan dipengaruhi pasang surut air laut. Taman wisata alam Angke Kapuk, DKI Jakarta merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pohon mangrove. Taman wisata alam Angke Kapuk ini ber

Keajaiban Pasir Timbul Raja Ampat: Pesona Alam yang Tersembunyi

Raja Ampat selalu menampilkan pesona alam yang memukau. Di sana, kita dapat menyaksikan bukan hanya keindahan bawah laut saja, melainkan juga pemandangan yang menyerupai lukisan alam yang menakjubkan. Kemunculan Pasir Timbul Raja Ampat merupakan salah satu fenomena alam yang luar biasa dan menawarkan pesona alam yang memukau bagi para wisatawan. Raja Ampat, yang terdiri dari serangkaian empat gugusan pulau, seperti permata yang berkilau bagi Indonesia. Keindahannya sungguh luar biasa, dengan alam yang masih alami dan bersih. Salah satu hal yang paling mempesona adalah keberadaan Pasir Timbul. Namun, apa yang membuat tempat ini begitu istimewa? 4 Hal yang Membuat Pasir Timbul Raja Ampat Layak Dikunjungi Ketika Anda merencanakan liburan ke Raja Ampat, sangat disarankan untuk memasukkan Pasir Timbul dalam daftar tempat yang ingin Anda kunjungi. Ada beberapa alasan kuat mengapa hal ini perlu dilakukan. 1. Fenomena Alam yang Memukau Pasir Timbul adalah hamparan daratan yang mu

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Saat jalan-jalan ke pulau Nias, kamu jangan ketinggal earphone atau alat pemutar musik ya, karena perjalanan ini cukup jauh dan sangat enak apabila sembari mendengarkan musik atau lagu chord runtah. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah bar