Langsung ke konten utama

Taman Hewan Siantar: Info, Sejarah dan Harga Tiket

Taman hewan atau kebun binatang adalah salah satu destinasi wisata yang sangat cocok untuk kamu datangi bersama keluarga dan anak-anak. Selain menyegarkan pikiran, ternyata berkunjung ke kebun binatang bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita seputar hewan dan tumbuhan. Jika kamu sedang berkunjung ke Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, sangat disarankan untuk mengunjungi Taman hewan Siantar atau Siantar Zoo. Taman hewan ini berada di Jl. Gunung Simanuk-Manuk No. 2, kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Selain berada di pusat kota, letak kebun binatang ini tidak jauh dari destinasi wisata lainnya di Siantar. Lokasinya sangat dekat dengan Museum Simalungun, Universitas Simalungun, Stasiun Pematang Siantar, Taman Kota Haji Adam Malik, dan Masjid Raya Pematang Siantar. Berikut ini akan dijelaskan info, sejarah dan harga tiket kebun binatang siantar yang perlu kamu ketahui, antara lain: Sejarah Siantar Zoo Dilansir dari situs resminya, Kebun Binatang Pematang Sianta

Keindahan Gunung Manglayang beserta Jalur Pendakian dan Harga Tiket Masuknya

 


Gunung manglayang merupakan sebuah gunung yang menjadi salah satu favorit untuk hiking. Gunung ini juga menjadi salah satu gunung terangker yang ada di Indonesia.

Terlepas dari kondisi gunung yang angker, pesona keindahan alam gunung ini pun menjadi daya tarik para wisatawan.

Keindahan Gunung Manglayang

Meskipun gunung ini tidak terlalu tinggi dan mempunyai puncak yang datar, tetapi keindahan alam gunung ini cukup mempesona.

Meskipun tidak akan terasa seperti berada di atas puncak dunia. Namun setidaknya mempunyai pesona keindahan alam yang setara dengan gunung tinggi lain.

Cara menikmati keindahan gunung manglayang pun juga bermacam – macam. Dapat dilakukan dengan camping.

Sehingga dapat memuaskan diri menikmati pesona alam yang ada. Dapat juga dengan bersantai di puncak bukit maupun berada di atas hammock.

Selain pesona keindahan alam, ada sebuah ikon gunung yang sangat misterius, yaitu batu kuda. Dibalik kesan yang misterius, angker dan mistik, batu kuda tersebut cukup mempesona. Sekaligus menjadi sebagai hiasan alam yang dapat membuat pesona gunung lebih kompleks.

Selain pesona keindahan dari gunung manglayang, ada suatu larangan yang menjadi pantangan utama bagi setiap pengunjung tanpa terkecuali. Terutama bagi yang mengunjungi gunung pada hari senin dan kamis.

Pengunjung yang datang pada hari senin dan kamis tidak diperbolehkan sama sekali untuk mendaki. Menurut mitos setempat, pada hari tersebut semua roh leluhur datang dan berkumpul.

Bahkan setiap hari senin dan kamis tersebut, penduduk setempat pasti mengundang setidaknya 44 orang sesepuh untuk mengadakan pengakuran.

Hal tersebut dilakukan supaya para roh leluhur tidak mengganggu para pengunjung. Selain itu semua pengunjung dilarang keras mengambil benda dalam bentuk apapun dari gunung.

Lalu sangat dilarang untuk coret – coret batu yang ada. Pengunjung pun juga tidak diperbolehkan untuk mencabut apapun.

Jalur Pendakian Gunung Manglayang

Ada 3 buah jalur pendakian gunung manglayang yang banyak digunakan, yaitu jalur batu kuda, jalur panlingtang dan jalur jatinangor.

1. Jalur Batu Kuda

Ada 2 buah jalur pendakian gunung manglayang via batu kuda.

Untuk jalur pertama hanya mengambil arah lurus hingga menuju puncak yang pertama, kemudian melalui tebing. Waktu yang diperlukan untuk mencapai puncak hanya sekitar ±2 jam.

Sedangkan untuk jalur yang kedua adalah melalui baru bereum. Jalur tersebut akan membawa menuju ke puncak timur atau sering disebut dengan puncak.

2. Jalur Jatinagor

Untuk jalur ini akan membawa menuju ke puncak bayangan. Kondisi jalur ini terlalu ekstream. Jalur pendakian cukup terjal dan penuh dengan debu.

Tetapi jalur ini merupakan jalur paling cepat diantara jalur yang lain. Hanya membutuhkan waktu sekitar ± satu setengah jam untuk menuju ke puncak.

Setelah sampai di puncak bayangan, dapat langsung menuju ke arah puncak utama. Waktu yang diperlukan juga tidak terlalu lama dan hanya memakan waktu sekitar 30 menit.

3. Jalur Palintang

Jalur ini merupakan jalur gunung manglayang via palintang dengan waktu yang paling lama diantara jalur pendakian yang lain. Karena hal tersebut, jalur ini sangat jarang untuk dipilih.

Untuk jalur Palintang ditempuh melalui SD Palintang. Setelah menjumpai SD tersebut, ikuti jalan yang menuju ke arah kaki gunung tersebut.

Kemudian ambil arah jalan yang menuju ke tugu kostrad dengan mengikuti jalur setapak yang ada. Kondisi jalur ini cukup sempit dan hanya dapat dilalui satu orang saja. Sehingga harus berjalan secara satu per satu. Selain sempit, juga dipenuhi dengan rumput – rumput liar yang cukup lebat.

Harga Tiket Masuk Gunung Manglayang

Harga tiket masuk gunung manglayang di destinasi wisata alam ini cukup murah. Tetapi ada perbedaan tarif antara pengunjung yang bermalam dan pengunjung yang tidak bermalam.

Bagi pengunjung yang hendak bermalam akan dikenakan biaya kontribusi sebesar 10.000 IDR per orang Sedangkan untuk pengunjung yang tidak bermalam hanya membayar kontribusi sebesar 7.500 IDR per orang.

Selain biaya kontribusi tiket masuk. Pengunjung yang membawa kendaraan bermotor harus membayar kontribusi parkir. Besarnya tarif parkir sebesar 5.000 IDR.

Itulah review mengenai Gunung Manglayang. Review tersebut dapat dijadikan sebagai referensi kalian para traveller. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Wisata di Sibolga yang Paling Rekomended

Kota Sibolga yang dikenal dengan julukan kota ikan, berada di provinsi Sumatera Utara. Letak kota ini berapa di pantai Barat pulau Sumatera, yang membujur sepanjang pantai dari Utara ke Selatan dan berada di kawasan Teluk Tapian Nauli. Jarak kota Medan ke Sibolga kurang lebih 350 km, atau sekitar 8 jam perjalanan darat. Kota Sibolga memiliki banyak destinasi wisata dan menjadi salah satu tempat wisata terdekat dari kota medan. Bagi kamu yang hobi travelling dan staycation, 10 tempat wisata di Sibolga berikut ini menjadi rekomendasi dan wajib sobat travelling kunjungi. Berikut ke 10 tempat wisata di Sibolga yang paling rekomended. 1. Pulau Mursala Jika kamu masih ingat film Hollywod yang berjudul “Kingkong”, lokasi syuting yang digunakan berada di pulau Mursala ini. Selain keindahan airnya, pulau Mursala Sibolga juga menawarkan sisi lain yang ada di pulau ini. Adanya air terjun yang airnya langsung jatuh ke laut, menambah nilai plus pulau ini. Walau secara pembagian wilayah NKRI, pula

Daya Tarik Wisata Pulau Pandang Batubara

Hai Sobat Traveling, apa kamu sudah pernah berkunjung ke Sumatera Utara? Jika sudah, tempat wisata mana saja yang sudah kamu kunjungi? Mungkin beberapa dari sobat Traveling masih belum pernah ke Sumatera dan beberapa sudah pernah namun belum mengunjungi semua tempat wisata di Sumatera Utara. Provinsi Sumatera terkenal dengan tempat wisatanya yang keren dan rekomended untuk di kunjungi. Mulai dari wisata gunung, wisata air, wisata pulau dan masih banyak lagi yang bisa kamu jumpai. Salah satu tempat wisata Sumatera Utara yang menghasilkan foto estetik adalah Pulau Pandang Batubara. Masih banyak yang belum mengetahui tempat wisata yang satu ini, oleh karena itu sobat Traveling akan berbagi informasi untuk kalian semua. Pulau Pandang Pulau Pandang adalah salah satu pulau kecil yang terletak disebelah utara Kecamatan Tanjung Tiram dan berada di Selat Malaka, lepas pantai Sumatera, sekitar 47 km dari Tanjung Balai dan 10 km dari selatan Pulau Salahnamo. Pulau Pandang masih masuk dalam wilaya

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah barat Pulau Sumatera, serta berada di tengah-tengah Samudera Hindia. Secara letak geografis, Pulau Nias terletak di garis 0’12’-0’32’ Lintang Utara (LU) dan 97’-98’ Bujur Timur (BT) dekat dengan garis K