Langsung ke konten utama

7 Tempat Wisata di Kota Pariaman, Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi

Pariaman adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota ini memiliki beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi.  Berikut adalah tujuh tempat wisata di kota Pariaman yang patut untuk dikunjungi: 1. Pantai Gandoriah Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan ombak yang tenang.  Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah sambil bersantai atau bermain di tepi pantai. 2. Pantai Kata Pantai Kata menawarkan pesona alam yang memesona dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.  Pantai ini cocok untuk berbagai aktivitas, seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai. 3. Danau Singkarak Meskipun tidak terletak langsung di Kota Pariaman, Danau Singkarak merupakan objek wisata terkenal di sekitar Sumatra Barat.  Danau ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dan pengunjung dapat menikmati perjalanan di sekitar danau atau menikmati makanan khas daerah. 4. Pusat Kebudayaan Tabuik Pusat Kebudayaan Tabuik merupakan

Wisata Pulau Pasumpahan, Sumatra Barat

 


Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan destinasi wisata, mulai dari wisata alam, pertanian, budaya, adat, kuliner, sejarah, dan juga bahari. 

Wisata bahari sendiri merupakan salah satu objek wisata yang sangat diminati oleh banyak wisatawan yang berkunjung ke Ranah Minang. Seperti yang kita ketahui, Sumatera Barat memiliki deretan pulau kecil nan indah yang tersebar di pesisir lautnya. Salah satunya adalah Pulau Pasumpahan.

Pulau Pasumpahan adalah sebuah pulau kecil dengan luas sekitar 5 hektar. Pulau ini terletak di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat. Nama Pasumpahan sendiri diambil dari kata “sumpah”. 

Menurut kepercayaan warga setempat, Pulau ini merupakan latar belakang legenda Si Boko, seorang anak durhaka yang dikutuk oleh sang ibu menjadi batu karena tidak mengakui ibunya. Konon, di pulau inilah Si Boko dikutuk. Agaknya tidak banyak yang tahu dengan legenda Si Boko ini. Sekilas legenda ini mirip dengan cerita Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang, tapi keduanya merupakan cerita yang berbeda. 

Ada dua titik alternatif yang kamu bisa pilih untuk menyebrang ke Pulau ini, yaitu dengan menaiki kapal melalui Sungai Pisang atau melalui Pelabuhan Teluk Bungus. Perbedaannya ialah jarak dari pusat Kota Padang ke Pelabuhan Teluk Bungus tidak terlalu jauh, yakni sekitar 18, 6 km. Sementara jarak dari pusat Kota Padang ke Sungai Pisang lebih jauh, yaitu sekitar 32 km. 

Terlebih lagi, untuk mencapai Sungai Pisang kamu hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau mengambil paket wisata yang menyediakan akomodasi dari Kota Padang. Keuntungannya, waktu tempuh untuk sampai ke Pulau Pasumpahan melewati Sungai Pisang lebih cepat daripada lewat Pelabuhan Teluk Bungus. 

Sebagai pulau yang tak berpenghuni, pulau ini sangat nyaman dikunjungi untuk sekedar lari dari hiruk pikuk kota. Tidak kalah dengan pulau-pulau lain di Sumatera Barat, banyak hal seru dan menarik yang dapat dilakukan di Pulau mungil ini. Apa saja? Mari simak ulasannya.

Bermain di pantai berpasir putih nan lembut


Tidak diragukan lagi, pantai yang berada di pulau ini sangat menakjubkan. Pada saat kapal akan menepi, wisatawan akan langsung disuguhi pemandangan pantai berpasir putih yang menawan, pohon-pohon kelapa yang berjajar rapi, dan juga air laut biru kehijauan yang menggoda para wisatawan untuk berenang. Bukan hanya itu, pihak pengelola pulau ini juga menyediakan lapangan voli pantai lengkap dengan netnya sehingga wisatawan dapat bermain bola voli di atas pasir putih yang terasa lembut ketika dipijak.

Bersenang-Senang dengan Banana Boat


Bagi wisatawan yang suka permainan air, banana boat wajib dicoba di Pulau Pasumpahan. Di sini kamu bisa seru-seruan, teriak-teriak bareng teman-teman kamu ketika banana boat mulai ditarik dengan kecepatan tinggi dan kemudian terbalik ketika dibelokkan oleh pengemudi. Tidak perlu takut ketika kamu diceburkan ke air, karena wisatawan akan dilengkapi pelampung sebelum permainan ini dimulai. 

Bersantai Sambil Menikmati Angin Sepoi-Sepoi



Lelah bermain dan berenang? Kamu bisa beristirahat sejenak di kursi-kursi yang tersebar di sekitar pantai. Di situ kamu bisa berjemur di bawah sinar matahari atau duduk-duduk santai sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Di pulau ini juga tersedia pondok-pondok yang dilengkapi dengan stop kontak. Jadi, kamu nggak perlu panik ketika smartphone atau alat elektronik lain milikmu kehabisan daya.

Menikmati Keindahan Bawah Laut dengan Snorkelling 


Snorkelling merupakan aktivitas air yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Pulau Pasumpahan. Pulau Pasumpahan memiliki air laut yang sangat jernih. Uniknya, air laut di pulau ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu berwarna bening di pinggir pantai, hijau di depannya, dan berwarna biru di bagian tengahnya. 

Alam bawah laut Pasumpahan tak kalah menawan. Terdapat ikan warna-warni serta terumbu karang yang merupakan objek wisata utama di pulau ini.

Berfoto di Ayunan yang Instagramable


Tidak hanya Gili Trawangan, Pulau Pasumpahan juga ada ayunan yang bisa dijadikan spot foto instagramable. Dengan background pasir putih dan lautan biru kamu bisa mengabadikan momen kamu berkunjung ke Pulau Pasumpahan kemudian mengunggahnya di media sosial.

Mendaki Puncak Bukit Pulau Pasumpahan


Dengan ketinggian sekitar 100 meter, kamu bisa menantang keberanian kamu dengan mendaki puncak bukit Pulau Pasumpahan yang terletak di sisi utara pulau. Medan yang harus dihadapi adalah tebing dengan kemiringan sekitar 70 derajat, setelah tebing akan ada jalur menanjak yang terbuka tanpa ada pohon rindang. Namun, lelah dan peluh kamu tidak akan sia-sia. Ketika sampai di puncak bukit, kamu akan disuguhkan pemandangan laut biru tenang yang menyegarkan pikiran dan mata.

Akomodasi dan Harga Tiket Pulau Pasumpahan


Di pulau ini terdapat beberapa cottage yang dapat disewa untuk bermalam. Namun, jika kamu ingin merasa lebih dekat dengan alam, kamu bisa menyewa tenda yang disediakan pihak pengelola untuk bermalam di tengah pulau dengan biaya sewa sekitar Rp50.000,00. Sementara untuk harga tiket masuk, biasanya dibanderol seharga Rp15.000,00 per orang. 

Terdapat juga harga paket wisata yang terdiri dari beberapa pulau lainnya di sekitar Pasumpahan. Harganya pun terbilang cukup murah yaitu berkisar Rp150.000,00 hingga Rp300.000,00. 

Nah, itulah beberapa aktivitas seru nan mengasyikan yang bisa kamu lakukan di Pulau Pasumpahan. Semoga bermanfat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Wisata Hutan Mangrove di Indonesia, Seru Jalan Bareng Sahabat

  Tempat wisata hutan mangrove di Indonesia sering disebut sebagai hutan bakau yang ditumbuhi sepanjang pesisir pantai, muara sungai, dan terdapat rawa gambut. Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yaitu untuk penduduk yang tinggal di daerah dekat pantai, mencegah terjadinya abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut menuju daratan. Hutan mangrove di Indonesia banyak terdapat di daerah pesisir Indonesia. Wisata hutan mangrove menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Pengunjung yang datang kesini bisa menyusuri sungai dan membelah hutan bakau. Berikut terdapat 5 fungsi ekologis dari hutan mangrove yang ada di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk wisata alam. 1.  Taman Wisata Alam Angke Kapuk, DKI Jakarta Mangrove adalah sekumpulan pohon yang tumbuh di area sekitar garis pantai dan dipengaruhi pasang surut air laut. Taman wisata alam Angke Kapuk, DKI Jakarta merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pohon mangrove. Taman wisata alam Angke Kapuk ini ber

Keajaiban Pasir Timbul Raja Ampat: Pesona Alam yang Tersembunyi

Raja Ampat selalu menampilkan pesona alam yang memukau. Di sana, kita dapat menyaksikan bukan hanya keindahan bawah laut saja, melainkan juga pemandangan yang menyerupai lukisan alam yang menakjubkan. Kemunculan Pasir Timbul Raja Ampat merupakan salah satu fenomena alam yang luar biasa dan menawarkan pesona alam yang memukau bagi para wisatawan. Raja Ampat, yang terdiri dari serangkaian empat gugusan pulau, seperti permata yang berkilau bagi Indonesia. Keindahannya sungguh luar biasa, dengan alam yang masih alami dan bersih. Salah satu hal yang paling mempesona adalah keberadaan Pasir Timbul. Namun, apa yang membuat tempat ini begitu istimewa? 4 Hal yang Membuat Pasir Timbul Raja Ampat Layak Dikunjungi Ketika Anda merencanakan liburan ke Raja Ampat, sangat disarankan untuk memasukkan Pasir Timbul dalam daftar tempat yang ingin Anda kunjungi. Ada beberapa alasan kuat mengapa hal ini perlu dilakukan. 1. Fenomena Alam yang Memukau Pasir Timbul adalah hamparan daratan yang mu

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Saat jalan-jalan ke pulau Nias, kamu jangan ketinggal earphone atau alat pemutar musik ya, karena perjalanan ini cukup jauh dan sangat enak apabila sembari mendengarkan musik atau lagu chord runtah. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah bar