Langsung ke konten utama

7 Tempat Wisata di Kota Pariaman, Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi

Pariaman adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota ini memiliki beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi.  Berikut adalah tujuh tempat wisata di kota Pariaman yang patut untuk dikunjungi: 1. Pantai Gandoriah Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan ombak yang tenang.  Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah sambil bersantai atau bermain di tepi pantai. 2. Pantai Kata Pantai Kata menawarkan pesona alam yang memesona dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.  Pantai ini cocok untuk berbagai aktivitas, seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai. 3. Danau Singkarak Meskipun tidak terletak langsung di Kota Pariaman, Danau Singkarak merupakan objek wisata terkenal di sekitar Sumatra Barat.  Danau ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dan pengunjung dapat menikmati perjalanan di sekitar danau atau menikmati makanan khas daerah. 4. Pusat Kebudayaan Tabuik Pusat Kebudayaan Tabuik merupakan

5 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

 

Berwisata adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan terlebih lagi jika dilakukan bersama keluarga, teman, hingga orang tersayang.

Indonesia sendiri sebagai negara kepulauan memiliki banyak sekali ragam destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Tidak hanya menampilkan keindahan alamnya saja, melainkan ada beberapa tempat di Indonesia yang memiliki desa yang terkenal dengan keindahannya.

Desa-desa ini sudah diakui oleh Kementerian Desa (Kemendes) dan sudah diresmikan oleh pemerintah daerah akan prestasi yang telah diraih.

Dianggap sebagai desa terbaik di Indonesia karena memiliki potensi pariwisata yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk mendukung sektor kepariwisataan daerah.

Untuk mengetahuinya lebih lengkap, berikut ini 5 desa wisata terbaik di Indonesia yang wajib kalian kunjungi, simak selengkapnya!

1. Desa Kersik, Kab. Kerinci

Desa ini menjadi satu dari sekian banyak jalan untuk menuju Gunung Kerinci. Kresik Tuo terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi dan menjadi jalur yang memiliki banyak peminat, terutama orang-orang yang ingin mendaki.

Hal tersebut dikarenakan Kresik Tuo memiliki panorama yang memanjakan mata dan memiliki jalan yang mudah. Di Desa Kresik Tuo memiliki beragam basecamp untuk para pendaki yang ingin beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Selain itu, para pendaki yang istirahat di basecamp juga bisa meminta jasa porter untuk menemani pendakian. Harga yang ditawarkan cukup murah yaitu Rp250  Ribu untuk satu porter yang akan disewa.

2. Desa Pujon, Kab.Malang

Kota dingin yang terkenal dengan destinasi tempat wisatanya ternyata juga memiliki desa yang tak kalah cantik.

Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang dilansir memiliki sejuta keindahan memukau yang akan menyejukkan mata. Panorama keindahan alam yang bisa dilihat seperti sawah, air terjun, dan gunung yang menjulang kokoh.

Selain itu, Desa Pujon Kidul juga terkenal dengan sebutan desa agrowisata terbaik di Indonesia. Bagaimana tidak desa ini memiliki berbagai tempat menarik yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Seperti, kafe sawah, kebun buah, tempat pengolahan susu sapi, kebun tanaman obat keluarga, dan masih banyak lagi tempat lainnya.

Para pengunjung bisa pula memetik buah secara langsung dari kebunnya. Namun, biasanya ada peraturan yang menyebutkan larangan untuk membawa pulang hasil petikan dan hanya boleh dimakan di tempat.

3. Desa Lembang, Kab. Bandung Barat

Desa Lembang juga menjadi salah satu destinasi yang tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Lokasinya ada di Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. 

Sebab, desa ini juga sudah banyak dikenal akan kesejukan lingkungannya. Tak hanya itu Desa Lembang juga berdekatan dengan beberapa lokasi wisata keren yang ada di sana.

4. Desa Pariangan, Kab. Tanah Datar

Desa Pariangan yang terletak di Tanah Datar, Sumatera Barat memiliki legenda bahwa di sinilah orang Minangkabau menetap pertama kali.

Tak hanya itu saja, Desa Pariangan juga masuk ke daftar Budget Travel yang menjadi desa terbaik di dunia. Desa Paringan yang indah ini memiliki sejuta keindahan yang menenangkan hati.

Di sekelilingnya, pengunjung bisa menikmati deretan rumah tradisional penduduk yang sangat terawat dengan baik, masjid tua yang berukuran besar, hamparan sawah yang luas dan sungai yang memiliki air yang sangat jernih untuk dilihat.

5. Desa Sungai Nyalo, Kab. Pesisir Selatan

Desa Sungai Nyalo merupakan desa adat yang memiliki bentuk seperti nagari dan terkenal dengan kawasan Mandeh Painan.

Desa yang memiliki pantai dan bukit yang sangat cantik ini terletak di Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Panorama keindahan Bukit Mandeh yang ada di desa ini membuat pengunjung betah untuk melihatnya.

Bagaimana tidak, bukit tersebut dikelilingi oleh bebatuan yang membentuk sebuah pulau yang indah. Tak hanya itu saja keindahan Pantai Carocok yang ada di desa Sungai Nyalo juga tak dapat dipungkiri lagi pesonanya.

Bahkan, keindahan yang dimiliki oleh Desa Sungai Nyalo sudah dikenal sampai mancanegara dan selalu dikunjungi turis asing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Wisata Hutan Mangrove di Indonesia, Seru Jalan Bareng Sahabat

  Tempat wisata hutan mangrove di Indonesia sering disebut sebagai hutan bakau yang ditumbuhi sepanjang pesisir pantai, muara sungai, dan terdapat rawa gambut. Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yaitu untuk penduduk yang tinggal di daerah dekat pantai, mencegah terjadinya abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut menuju daratan. Hutan mangrove di Indonesia banyak terdapat di daerah pesisir Indonesia. Wisata hutan mangrove menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Pengunjung yang datang kesini bisa menyusuri sungai dan membelah hutan bakau. Berikut terdapat 5 fungsi ekologis dari hutan mangrove yang ada di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk wisata alam. 1.  Taman Wisata Alam Angke Kapuk, DKI Jakarta Mangrove adalah sekumpulan pohon yang tumbuh di area sekitar garis pantai dan dipengaruhi pasang surut air laut. Taman wisata alam Angke Kapuk, DKI Jakarta merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pohon mangrove. Taman wisata alam Angke Kapuk ini ber

Keajaiban Pasir Timbul Raja Ampat: Pesona Alam yang Tersembunyi

Raja Ampat selalu menampilkan pesona alam yang memukau. Di sana, kita dapat menyaksikan bukan hanya keindahan bawah laut saja, melainkan juga pemandangan yang menyerupai lukisan alam yang menakjubkan. Kemunculan Pasir Timbul Raja Ampat merupakan salah satu fenomena alam yang luar biasa dan menawarkan pesona alam yang memukau bagi para wisatawan. Raja Ampat, yang terdiri dari serangkaian empat gugusan pulau, seperti permata yang berkilau bagi Indonesia. Keindahannya sungguh luar biasa, dengan alam yang masih alami dan bersih. Salah satu hal yang paling mempesona adalah keberadaan Pasir Timbul. Namun, apa yang membuat tempat ini begitu istimewa? 4 Hal yang Membuat Pasir Timbul Raja Ampat Layak Dikunjungi Ketika Anda merencanakan liburan ke Raja Ampat, sangat disarankan untuk memasukkan Pasir Timbul dalam daftar tempat yang ingin Anda kunjungi. Ada beberapa alasan kuat mengapa hal ini perlu dilakukan. 1. Fenomena Alam yang Memukau Pasir Timbul adalah hamparan daratan yang mu

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Saat jalan-jalan ke pulau Nias, kamu jangan ketinggal earphone atau alat pemutar musik ya, karena perjalanan ini cukup jauh dan sangat enak apabila sembari mendengarkan musik atau lagu chord runtah. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah bar