Langsung ke konten utama

Destinasi Wisata Malang yang Menarik untuk Dikunjungi

Membahas soal liburan dan healing, kota Malang tentu menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang saying untuk dilewatkan. Di sana, ada banyak spot wisata yang dapat dikunjungi sehingga kamu tak akan kehabisan ide saat liburan. Terlebih lagi, jika kegiatan berlibur dilakukan bersama keluarga, tentunya kota Malang bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, terdapat banyak taman rekreasi keluarga dan tempat-tempat seru lainnya. Kota terbesar kedua setelah Surabaya ini juga dikenal sebagai Kota Sejarah, karena menyimpan berbagai prasasti sebagai bukti perkembangan berbagai kerajaan di zaman dahulu. bagi Anda yang ingin berkunjung ke sana, berikut ini dijelaskan beberapa destinasi wisata Malang yang menarik untuk dijelajahi. Berikut penjelasannya! 1. Kebun Teh Wonosari Kebun Teh Wonosari merupakan hamparan tanaman teh yang luas dan hijau. Suasana asri nan segar ini tentu bisa mengurangi rasa penat mu dari hiruk pikuk suasana kota. Kamu juga bisa berfoto di sela-sela jalur tanaman yang ter

Lokasi Wisata di Indonesia yang Diakui UNESCO


Indonesia dikenal sebagai negara yang menyimpan keindahan alam, budaya, dan sejarah. Salah satu organisasi yang didirikan PBB yakni UNESCO, menetapkan beberapa wilayah di Indonesia sebagai warisan dunia yang emlambangkan ketiga signifikansi tersebut.

Situs Warisan Dunia (World Heritage Center) yang diakui UNESCO menunjukkan keindahan alam, budaya, dan benda-benda yang mencerminkan sejarah serta umat manusia. Situs-situs ini patut dilestarikan karena merupakan warisan penting untuk  generasi selanjutnya.

Berbicara tentang wisata di Indonesia, terdapat sejumlah destinasi wisata yang diakui UNESCO sebagai situs warisan dunia. Apa saja itu? yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Candi Prambanan

Sama dengan Candi Borobudur, Candi Prambanan yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta ini diresmikan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada 1991. Candi Prambanan menampilkan kemegahan budaya klasik Indonesia dan juga sebagai kompleks keagamaan luar biasa pada abad ke-10.

2. Candi Borobudur

terletak di Magelang, Jawa Tengah, Candi Borobudur merupakan situs warisan dunia yang diakui UNESCO pada 1991 karena memiliki kriteria tertentu. Kompleks candi tersebut memiliki mahkota kubah dan merupakan seni luar biasa yang memberikan pengaruh besar.

Uniknya, desain bangunan Candi Borobudur berbentuk bunga teratai, yakni bunga yang disucikan umat Buddha.

3. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon adalah Kawasan Taman Nasional yang terletak di Pulau Jawa bagian barat. Lokasinya berada tepat di Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

UNESCO menetapkan kawasan Taman Nasional Ujung Kulon sebagai salah satu situs warisan dunia pada 1 Februari 1992. Kawasan seluas 122.956 hektar ini menjadi rumah bagi Badak Jawa yang sangat populer, namun saat ini telah terancam punah.

Selain sebagai taman nasional, kawasan konservasi ini juga menjadi lokasi wisata alam yang sangat luas dan menarik untuk dijelajahi. Kondisi alamnya yang masih terjaga membuat para pengunjung dapat menikmati keindahan vegetasi yang tumbuh bebas dan melihat satwa-satwa liar hidup dengan bebas.

4. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz terletak di bagian Tengah-Selatan Papua yang membentang sekitar 2,4 juta hektar atau sekitar 25.056 kilometer persegi. Dengan luas tersebut, TN Lorentz ditetapkan menjadi taman nasional paling luas di Asia Tenggara.

Menurut situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, saking luasnya, TN Lorentz masuk ke dalam area 10 Kabupaten di Provinsi Papua yaitu Kabupaten Mimika, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Puncak, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Jaya Wijaya, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Ndua, dan Kabupaten Asmat.

Satu dasawarsa kemudian, TN Lorentz kemudian diakui secara resmi dengan ditetapkannya Monumen Alam Lorentz pada masa Hindia Belanda.  Kemudian tahun 1978, pemerintah Indonesia menetapkan TN Lorentz sebagai Cagar Alam (Strict Nature Reserve).

5. Hutan Hujan Tropis Indonesia

Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera atau Tropical Rainforest Heritage of Sumatra merupakan kawasan yang terdiri dari tiga taman nasional, yakni Kerinci Seblat ,Gunung Leuser, dan Bukit Barisan Selatan. Kawasan yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 2004 ini merupakan salah satu kawasan konservasi terbesar di Asia Tenggara.

Itulah tadi lima lokasi wisata Indonesia yang telah diakui UNESCO. Beberapa tempat wisata tersebut juga pernah dikunjungi oleh artis tanah air seperti Elina Joerg, Chandrika Chika, dan Randy Pangalila.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Wisata di Sibolga yang Paling Rekomended

Kota Sibolga yang dikenal dengan julukan kota ikan, berada di provinsi Sumatera Utara. Letak kota ini berapa di pantai Barat pulau Sumatera, yang membujur sepanjang pantai dari Utara ke Selatan dan berada di kawasan Teluk Tapian Nauli. Jarak kota Medan ke Sibolga kurang lebih 350 km, atau sekitar 8 jam perjalanan darat. Kota Sibolga memiliki banyak destinasi wisata dan menjadi salah satu tempat wisata terdekat dari kota medan. Saat jalan-jalan ke Sibolga, kamu jangan ketinggal earphone atau alat pemutar musik ya, karena perjalanan ini cukup jauh dan sangat enak apabila sembari mendengarkan musik atau lagu  chord runtah. Bagi kamu yang hobi travelling dan staycation, 10 tempat wisata di Sibolga berikut ini menjadi rekomendasi dan wajib sobat travelling kunjungi. Berikut ke 10 tempat wisata di Sibolga yang paling rekomended. 1. Pulau Mursala Jika kamu masih ingat film Hollywod yang berjudul “Kingkong”, lokasi syuting yang digunakan berada di pulau Mursala ini. Selain keindahan airnya,

Daya Tarik Wisata Pulau Pandang Batubara

Hai Sobat Traveling, apa kamu sudah pernah berkunjung ke Sumatera Utara? Jika sudah, tempat wisata mana saja yang sudah kamu kunjungi? Mungkin beberapa dari sobat Traveling masih belum pernah ke Sumatera dan beberapa sudah pernah namun belum mengunjungi semua tempat wisata di Sumatera Utara. Provinsi Sumatera terkenal dengan tempat wisatanya yang keren dan rekomended untuk di kunjungi. Mulai dari wisata gunung, wisata air, wisata pulau dan masih banyak lagi yang bisa kamu jumpai. Salah satu tempat wisata Sumatera Utara yang menghasilkan foto estetik adalah Pulau Pandang Batubara. Masih banyak yang belum mengetahui tempat wisata yang satu ini, oleh karena itu sobat Traveling akan berbagi informasi untuk kalian semua. Pulau Pandang Pulau Pandang adalah salah satu pulau kecil yang terletak disebelah utara Kecamatan Tanjung Tiram dan berada di Selat Malaka, lepas pantai Sumatera, sekitar 47 km dari Tanjung Balai dan 10 km dari selatan Pulau Salahnamo. Pulau Pandang masih masuk dalam wilaya

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Saat jalan-jalan ke pulau Nias, kamu jangan ketinggal earphone atau alat pemutar musik ya, karena perjalanan ini cukup jauh dan sangat enak apabila sembari mendengarkan musik atau lagu chord runtah. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah bar