Langsung ke konten utama

Pesona Keindahan Danau Kelimutu

  Danau Kelimutu atau Tiwu Kelimutu merupakan tempat wisata yang memberikan pengalaman wisata seru dan menyenangkan ketika anda berada di Woloara, Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Danau ini dibagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna - warna yang ada di dalamnya. Sudah bukan hal baru lagi bahwa kawasan Nusa Tenggara Timur menyimpan banyak sekali potensi wisata yang menarik. Mulai dari wisata pantainya yang indah hingga aneka kawasan pemandangan yang begitu menawan. Salah satu tempat wisata yang paling banyak diminati pecinta wisata adalah Danau Kelimutu atau Tiwu Kelimutu yang memberikan pengalaman wisata seru dan menyenangkan. Bagi pecinta wisata yang berkunjung ke Flores maka tidak ada salahnya anda mengunjungi wisata menarik Danau Kelimutu. Tempat wisata ini sering disebut dengan Danau Tiga Warna. Bukan hanya populer sebagai tempat wisata di dalam negeri saja, namun danau ini juga menarik hati para wisatawan luar negeri. Daya Tarik Danau Kelimutu : 1. Sang monyet

Pesona Kaldera Danau Toba Sumatera Utara

Kaldera adalah fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah terjadinya letusan vulkanik. Jatuhnya permukaan diakibatkan kosongnya kantung magma di bawah gunung berapi, hal ini biasa terjadi pada gunung meletus. Kata “Kaldera” sendiri berasal dari bahasa Spanyol, yang memiliki arti wajan.

Di Indonesia, ada satu wilayah yang mengalami hal tersebut, sehingga membentuk sebuah kaldera. Wilayah tersebut berada di Danau Toba, Sumatera Utara.

Sekitar 75.000 tahun lalu, gunung api di Indonesia melontarkan kira-kira 2.800 km3 material letusan terbesar yang pernah diketahui di Periode Kuarter (dari 1,8 juta tahun lalu) dan kemungkinan letusan terbesarnya terjadi sejak 25 juta tahun lalu.

Jika dilihat dari jarak tiga kali letusannya yang mencapai ratusan ribu tahun, sepertinya Raksasa Toba ini masih akan melanjutkan tidurnya dalam waktu yang sangat lama.


Kaldera Danau Toba

Kaldera Danau Toba (The Kaldera Toba Nomadic Escape) telah diresmikan pada April 2019 lalu, oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Kaldera Toba yang berlokasi di Desa Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, memiliki tempat yang sangat strategis.

Saat ini, Kaldera dijadikan tempat wisata dan telah banyak dikunjungi turis dalam dan luar negeri. Letaknya yang berada di bibir tebing dan langsung mengarah pada ke Danau Toba, membuat tempat wisata memiliki banyak spot-spot foto kekinian yang di idam-idamkan banyak kaum muda.

Cabin Kaldera

Destinasi wisata ini berdiri diatas lahan Zona Otorita Pariwisata Danau Toba, dengan luas lebih dari dua hektare. Dekat dari pintu masuk, terdapat beberapa cabin yang mengarah langsung ke Danau Toba, yang membuat suasana semakin romantis. Ditambah lagi tampilan sunrise dan sunset yang membuat suasana hati semakin tenang.


Omadic Bell Tent


Tidak hanya cabin-cabin kecil, Kardera Toba juga menyediakan fasilitas lainnya, seperti 12 omadic bell tent (tenda besar berbentuk lonceng) membuat suasana menginap semakin menyatu ke alam. Meski mengusung konsep outdoor, fasilitas yang diberikan tidak kalah dari hotel berbintang.


Nomadic Bubble Tent Transparan

Kamu akan dimanjakan dengan pesona alam Kaldera Danau Toba ini. Dan kamu harus mengosongkan memori telepon seluler kamu, agar memiliki koleksi foto yang banyak. Karena disediakan juga sebuah nomadic bubble tent transparan, yang jika bermalam didalamnya, akan menambah suasana romantic.



Dari dalam nomadic bubble tent transparan, kamu dapat melihat hamparan lautan bintang diangkasa saat cuaca cerah. Fasilitas lainnya yang bisa kamu temukan di The KalderaToba ini, yaitu amphitheater, kaldera plaza, kaldera stage dan kaldera hill, nomadic caravan park.


Kamu juga bisa membawa dan memasang tenda milikmu sendiri di tempat wisata ini, karena disediakannya camping ground untuk para backpacker.

Magnet dari pesona Kaldera Danau Toba Sumatera Utara yang kian nyata ini juga mampu menyita perhatian Dewan Eksekutif UNESCO. Pada sidangnya yang ke-209 di Paris, Prancis, Selasa (2//7/2020), UNESCO telah resmi menetapkan Kaldera Toba sebagai Global Geopark atau warisan dunia yang wajib dijaga dengan baik.

UNESCO menilai, kaldera Danau Toba memiliki hubungan geologis dan warisan tradisi yang tinggi terhadap masyarakat sekitar.

Nah, tunggu apa lagi sobat travelling? Siapkan waktu libur dan budget healing yang kamu butuhkan setelah lelah bekerja. Jika sobat travelling belum tahu jalur menuju Kaldera, bisa menggunakan googlemap. Kaldera Toba sudah masuk googlemap dan panduan yang diberikan jelas.

Namun jangan lupa yaa, dimanapun sobat travelling staycation atau berlibur, jangan buang sampah sembarangan. Mari sama-sama menjaga lingkungan alam kita, agar kita sama-sama nyaman ketika sedang berlibur. HAPPY HOLIDAYS ALL.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Wisata di Sibolga yang Paling Rekomended

Kota Sibolga yang dikenal dengan julukan kota ikan, berada di provinsi Sumatera Utara. Letak kota ini berapa di pantai Barat pulau Sumatera, yang membujur sepanjang pantai dari Utara ke Selatan dan berada di kawasan Teluk Tapian Nauli. Jarak kota Medan ke Sibolga kurang lebih 350 km, atau sekitar 8 jam perjalanan darat. Kota Sibolga memiliki banyak destinasi wisata dan menjadi salah satu tempat wisata terdekat dari kota medan. Bagi kamu yang hobi travelling dan staycation, 10 tempat wisata di Sibolga berikut ini menjadi rekomendasi dan wajib sobat travelling kunjungi. Berikut ke 10 tempat wisata di Sibolga yang paling rekomended. 1. Pulau Mursala Jika kamu masih ingat film Hollywod yang berjudul “Kingkong”, lokasi syuting yang digunakan berada di pulau Mursala ini. Selain keindahan airnya, pulau Mursala Sibolga juga menawarkan sisi lain yang ada di pulau ini. Adanya air terjun yang airnya langsung jatuh ke laut, menambah nilai plus pulau ini. Walau secara pembagian wilayah NKRI, pula

Daya Tarik Wisata Pulau Pandang Batubara

Hai Sobat Traveling, apa kamu sudah pernah berkunjung ke Sumatera Utara? Jika sudah, tempat wisata mana saja yang sudah kamu kunjungi? Mungkin beberapa dari sobat Traveling masih belum pernah ke Sumatera dan beberapa sudah pernah namun belum mengunjungi semua tempat wisata di Sumatera Utara. Provinsi Sumatera terkenal dengan tempat wisatanya yang keren dan rekomended untuk di kunjungi. Mulai dari wisata gunung, wisata air, wisata pulau dan masih banyak lagi yang bisa kamu jumpai. Salah satu tempat wisata Sumatera Utara yang menghasilkan foto estetik adalah Pulau Pandang Batubara. Masih banyak yang belum mengetahui tempat wisata yang satu ini, oleh karena itu sobat Traveling akan berbagi informasi untuk kalian semua. Pulau Pandang Pulau Pandang adalah salah satu pulau kecil yang terletak disebelah utara Kecamatan Tanjung Tiram dan berada di Selat Malaka, lepas pantai Sumatera, sekitar 47 km dari Tanjung Balai dan 10 km dari selatan Pulau Salahnamo. Pulau Pandang masih masuk dalam wilaya

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah barat Pulau Sumatera, serta berada di tengah-tengah Samudera Hindia. Secara letak geografis, Pulau Nias terletak di garis 0’12’-0’32’ Lintang Utara (LU) dan 97’-98’ Bujur Timur (BT) dekat dengan garis K