Langsung ke konten utama

7 Tempat Wisata di Kota Pariaman, Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi

Pariaman adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota ini memiliki beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi.  Berikut adalah tujuh tempat wisata di kota Pariaman yang patut untuk dikunjungi: 1. Pantai Gandoriah Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan ombak yang tenang.  Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah sambil bersantai atau bermain di tepi pantai. 2. Pantai Kata Pantai Kata menawarkan pesona alam yang memesona dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.  Pantai ini cocok untuk berbagai aktivitas, seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai. 3. Danau Singkarak Meskipun tidak terletak langsung di Kota Pariaman, Danau Singkarak merupakan objek wisata terkenal di sekitar Sumatra Barat.  Danau ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dan pengunjung dapat menikmati perjalanan di sekitar danau atau menikmati makanan khas daerah. 4. Pusat Kebudayaan Tabuik Pusat Kebudayaan Tabuik merupakan

Pesona Kaldera Danau Toba Sumatera Utara

Kaldera adalah fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah terjadinya letusan vulkanik. Jatuhnya permukaan diakibatkan kosongnya kantung magma di bawah gunung berapi, hal ini biasa terjadi pada gunung meletus. Kata “Kaldera” sendiri berasal dari bahasa Spanyol, yang memiliki arti wajan.

Di Indonesia, ada satu wilayah yang mengalami hal tersebut, sehingga membentuk sebuah kaldera. Wilayah tersebut berada di Danau Toba, Sumatera Utara.

Sekitar 75.000 tahun lalu, gunung api di Indonesia melontarkan kira-kira 2.800 km3 material letusan terbesar yang pernah diketahui di Periode Kuarter (dari 1,8 juta tahun lalu) dan kemungkinan letusan terbesarnya terjadi sejak 25 juta tahun lalu.

Jika dilihat dari jarak tiga kali letusannya yang mencapai ratusan ribu tahun, sepertinya Raksasa Toba ini masih akan melanjutkan tidurnya dalam waktu yang sangat lama.


Kaldera Danau Toba

Kaldera Danau Toba (The Kaldera Toba Nomadic Escape) telah diresmikan pada April 2019 lalu, oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Kaldera Toba yang berlokasi di Desa Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, memiliki tempat yang sangat strategis.

Saat ini, Kaldera dijadikan tempat wisata dan telah banyak dikunjungi turis dalam dan luar negeri. Letaknya yang berada di bibir tebing dan langsung mengarah pada ke Danau Toba, membuat tempat wisata memiliki banyak spot-spot foto kekinian yang di idam-idamkan banyak kaum muda.

Kaldera menjadi tempat yang sangat bagus buat kamu yang memerlukan ketenangan atau healing, ditemani suara alam dan musik-musik atau lagu chord satu rasa cinta.

Cabin Kaldera

Destinasi wisata ini berdiri diatas lahan Zona Otorita Pariwisata Danau Toba, dengan luas lebih dari dua hektare. Dekat dari pintu masuk, terdapat beberapa cabin yang mengarah langsung ke Danau Toba, yang membuat suasana semakin romantis. Ditambah lagi tampilan sunrise dan sunset yang membuat suasana hati semakin tenang.


Omadic Bell Tent


Tidak hanya cabin-cabin kecil, Kardera Toba juga menyediakan fasilitas lainnya, seperti 12 omadic bell tent (tenda besar berbentuk lonceng) membuat suasana menginap semakin menyatu ke alam. Meski mengusung konsep outdoor, fasilitas yang diberikan tidak kalah dari hotel berbintang.


Nomadic Bubble Tent Transparan

Kamu akan dimanjakan dengan pesona alam Kaldera Danau Toba ini. Dan kamu harus mengosongkan memori telepon seluler kamu, agar memiliki koleksi foto yang banyak. Karena disediakan juga sebuah nomadic bubble tent transparan, yang jika bermalam didalamnya, akan menambah suasana romantic.



Dari dalam nomadic bubble tent transparan, kamu dapat melihat hamparan lautan bintang diangkasa saat cuaca cerah. Fasilitas lainnya yang bisa kamu temukan di The KalderaToba ini, yaitu amphitheater, kaldera plaza, kaldera stage dan kaldera hill, nomadic caravan park.


Kamu juga bisa membawa dan memasang tenda milikmu sendiri di tempat wisata ini, karena disediakannya camping ground untuk para backpacker.

Magnet dari pesona Kaldera Danau Toba Sumatera Utara yang kian nyata ini juga mampu menyita perhatian Dewan Eksekutif UNESCO. Pada sidangnya yang ke-209 di Paris, Prancis, Selasa (2//7/2020), UNESCO telah resmi menetapkan Kaldera Toba sebagai Global Geopark atau warisan dunia yang wajib dijaga dengan baik.

UNESCO menilai, kaldera Danau Toba memiliki hubungan geologis dan warisan tradisi yang tinggi terhadap masyarakat sekitar.

Nah, tunggu apa lagi sobat travelling? Siapkan waktu libur dan budget healing yang kamu butuhkan setelah lelah bekerja. Jika sobat travelling belum tahu jalur menuju Kaldera, bisa menggunakan googlemap. Kaldera Toba sudah masuk googlemap dan panduan yang diberikan jelas.

Namun jangan lupa yaa, dimanapun sobat travelling staycation atau berlibur, jangan buang sampah sembarangan. Mari sama-sama menjaga lingkungan alam kita, agar kita sama-sama nyaman ketika sedang berlibur. HAPPY HOLIDAYS ALL.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Wisata Hutan Mangrove di Indonesia, Seru Jalan Bareng Sahabat

  Tempat wisata hutan mangrove di Indonesia sering disebut sebagai hutan bakau yang ditumbuhi sepanjang pesisir pantai, muara sungai, dan terdapat rawa gambut. Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yaitu untuk penduduk yang tinggal di daerah dekat pantai, mencegah terjadinya abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut menuju daratan. Hutan mangrove di Indonesia banyak terdapat di daerah pesisir Indonesia. Wisata hutan mangrove menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Pengunjung yang datang kesini bisa menyusuri sungai dan membelah hutan bakau. Berikut terdapat 5 fungsi ekologis dari hutan mangrove yang ada di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk wisata alam. 1.  Taman Wisata Alam Angke Kapuk, DKI Jakarta Mangrove adalah sekumpulan pohon yang tumbuh di area sekitar garis pantai dan dipengaruhi pasang surut air laut. Taman wisata alam Angke Kapuk, DKI Jakarta merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pohon mangrove. Taman wisata alam Angke Kapuk ini ber

Keajaiban Pasir Timbul Raja Ampat: Pesona Alam yang Tersembunyi

Raja Ampat selalu menampilkan pesona alam yang memukau. Di sana, kita dapat menyaksikan bukan hanya keindahan bawah laut saja, melainkan juga pemandangan yang menyerupai lukisan alam yang menakjubkan. Kemunculan Pasir Timbul Raja Ampat merupakan salah satu fenomena alam yang luar biasa dan menawarkan pesona alam yang memukau bagi para wisatawan. Raja Ampat, yang terdiri dari serangkaian empat gugusan pulau, seperti permata yang berkilau bagi Indonesia. Keindahannya sungguh luar biasa, dengan alam yang masih alami dan bersih. Salah satu hal yang paling mempesona adalah keberadaan Pasir Timbul. Namun, apa yang membuat tempat ini begitu istimewa? 4 Hal yang Membuat Pasir Timbul Raja Ampat Layak Dikunjungi Ketika Anda merencanakan liburan ke Raja Ampat, sangat disarankan untuk memasukkan Pasir Timbul dalam daftar tempat yang ingin Anda kunjungi. Ada beberapa alasan kuat mengapa hal ini perlu dilakukan. 1. Fenomena Alam yang Memukau Pasir Timbul adalah hamparan daratan yang mu

9 Destinasi Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Temukan Banyak Tempat Wisata Hits di Nias, Sumatera Utara. Objek wisata yang tidak membosankan, kekinian, dan yang terbaik bisa kamu temukan di Pulau Nias. Ya’ahowu Ono niha… Bagi kamu masyarakat nias, bukan hal baru lagi jika disinggung objek wisata apa saja yang ada di Pulau Nias. Disetiap destinasi yang akan dikunjungi, akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Saat jalan-jalan ke pulau Nias, kamu jangan ketinggal earphone atau alat pemutar musik ya, karena perjalanan ini cukup jauh dan sangat enak apabila sembari mendengarkan musik atau lagu chord runtah. Nah, bagi sobat traveling dimanapun berada yang belum tahu Pulau Nias itu berada dimana dan rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi, kamu bisa menemukan jawaban itu disini. Pulau Nias Pulau Nias adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau Nias merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah sebesar 1.004,06 km2, sejajar dan berada di sebelah bar